Taman Parque del Este (“Taman Timur”), foto: Kheiber Borrego

Caracas, LiputanIslam.com–Venezuela saat ini sedang dilanda krisis ekonomi dan politik yang cukup parah. Namun sebelumnya, negeri ini menjadi salah satu tujuan turisme di Amerika Selatan. Ada banyak situs wisata yang menarik dikunjungi. Berikut ini 5 di antaranya.

  1. Pegunungan Avila

Di kota Caracas, yang terletak 1000 meter di atas permukaan laut, para turis bisa menikmati suasana kota khas Amerika Latin, mengunjungi berbagai museum dan gedung bersejarah, serta wisata alam. Di kota Caracas ada pegunungan berhutan, yang bernama Avila,  yang menjadi paru-paru kota. Ada kereta gantung (teleferico) yang berjalan selama 18 menit untuk membawa penumpang ke puncak gunung (2100 meter), dan dari sana bisa memandang suasana kota Caracas.

 

  1. Paseo de Los Proceres

 

Ini adalah sebuah monumen megah dan taman umum di Caracas. Monumen itu didedikasikan untuk para pejuang dalam perjuangan kemerdekaan Amerika Selatan, diresmikan pada tahun 1956 oleh presiden saat itu, Marcos Perez Jimenez. Para turis bisa berjalan-jalan di trotoar taman yang akan berujung pada monolit marmer putih besar yang menyerupai gerbang. Di sepanjang jalan,  turis akan melewati taman, air mancur oval besar, dan banyak patung dan dekorasi. Taman luas ini sangat nyaman untuk duduk-duduk beristirahat, mencari inspirasi, atau sekedar piknik.

  1. Pico Naiguata

Pico Naiguata adalah puncak gunung tertinggi di sepanjang pantai Venezuela. Para turis yang terbiasa melakukan hiking bisa mencapai puncaknya dalam 5 jam. Para turis dianjurkan untuk menginap semalam di puncak bukit sambil memandang hutan beton kota Caracas di satu sisi, dan di sisi lain menikmati pemandangan Laut Karibia.

Secara umum, Venezuela memiliki banyak pegunungan dan menawarkan wisata trekking kelas dunia, mulai dari glasier Pico Humboldt dan Pico Bolivar, hingga trekking 6 hari menuju puncak Gunung Roraima di kawasan Gran Sabana. Rute yang ditawarkan oleh agen-agen travel biasanya juga melalui desa-desa sehingga para turis bisa bertemu langsung dengan penduduk asli di sana dan merasakan kehidupan di rumah-rumah para petani Amerika Latin.

 

  1. Taman Parque del Este (“Taman Timur”),

Nama resmi taman ini adalah Taman “Generalissimo Francisco de Miranda”, nama seorang pahlawan nasional Venezuela. Ini adalah taman rekreasi umum yang terletak di kawasan Sucre, Caracas. Taman ini dirancang oleh Roberto Burle Marx dan rekannya Fernando Tabora dan John Stoddart, dan kini dikelola oleh National Parks Institute (INPARQUES), sebuah badan di bawah Kementerian Lingkungan.Taman ini menggabungkan tiga area yang dirancang berbeda: pertama, lapangan rumput terbuka dengan topografi bergelombang yang lembut; kedua adalah lanskap hutan lebat dengan jalur berkelok-kelok; sedangkan yang ketiga adalah serangkaian taman beraspal dengan mural ubin dan pekerjaan air.

 

  1. Museum Seni Kontemporer Caracas

Museum ini disebut-sebut memiliki koleksi terbaik dari karya seni modern di Amerika Selatan, termasuk karya Picasso, Matisse, Botero, Miro, dan Bracque, dan seniman modern lainnya. Museum seni kontemporer Caracas didirikan Sofia Imber pada tahun 1973. Luas museum adalah 16.000 meter persegi dan memamerkan koleksi sekitar tiga ribu karya seni.

Struktur bangunan museum ini berbentuk piramida terbalik, dan ditempatkan di tebing di kawasan tinggi, Colinas de Bello Monte.  Publik dapat menikmati karya-karya seni di lingkungan yang tenang dan asri. Juga termasuk dalam museum adalah seniman kontemporer dari seluruh Amerika Latin. (LiputanIslam.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*