Jakarta, LiputanIslam.com—Di masa-masa long weekend, Bandung selalu dijadikan destinasi wisata favorit oleh orang-orang. Selain deretan destinasi wisata yang ditawarkan Bandung, terdapat pula banyak pilihan oleh-oleh yang bisa dibawa.

Mulai dari makanan tradisional dan modern, alat musik, hingga perlengkapan fashion lengkap tersedia di Bandung. Berikut ini adalah lima oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang setelah berlibur di Bandung.

  1. Tahu Susu Lembang

Tak hanya Sumedang yang identik dengan tahu, Bandung mempunyai produk tahu yang bisa dijadikan oleh-oleh. Tahu Susu Lembang, demikian namanya. Tahu Susu Lembang ini diolah dari kedelai dan susu murni, sehingga rasanya gurih, lembut, dan padat.

Bila Anda berminat untuk membeli tahu susu, Anda bisa berkunjung ke gerai Tahu Susu Lembang di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Bandung Barat. Selain produk tahu susu, terdapat juga tahu mentega yang tak kalah lezatnya.

Mulai dari Rp 15.000, Anda sudah bisa mendapatkan 10 buah tahu susu yang sudah digoreng. Anda juga bisa membelinya dalam kondisi masih mentah dengan harga Rp 25.000 untuk satu pak tahu susu dan Rp 30.000 untuk satu pak tahu mentega.

  1. Bolen Pisang

Sampai saat ini, bolen pisang masih menjadi salah satu makanan favorit yang wajib dibawa sebagai oleh-oleh dari Bandung. Tak hanya rasanya saja yang enak, bolen pisang juga dapat ditemui di hampir berbagai toko oleh-oleh di Bandung.

Salah satu yang terkenal adalah Bolen Pisang Kartika Sari yang berlokasi di Jalan H. Akbar No. 4, Kebon Kawung, Kota Bandung.

Bolen pisang sendiri merupakan kue pastry yang diisi oleh pisang matang dan terkadang juga dilengkapi dengan sepotong keju atau cokelat sebagi penambah rasa.

  1. Cireng Bandung

Cireng merupakan singkatan dari aci goreng. Tak hanya Bandung, makanan cemilan cireng ini juga tersebar hampir di seluruh wilayahJawa Barat.

Saat ini banyak terdapat pilihan cireng yang bisa Anda beli. Mulai dari bentuknya yang beraneka ragam, sampai isi cireng yang juga bermacam-macam, seperti daging, sosis, keju, bakso, teriyaki dan lain sebagainya.

Di Bandung sendiri, banyak terdapat toko-toko yang bisa diburu oleh wisatawan, diantaranya adalah Cirreng Cipaganti, Cireng Kamsia, Cireng Keraton, Cireng Rampat, dan lain-lain.

  1. Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional khas Bandung ( Jawa Barat) yang sudah dikenal di dunia internasional. Alat musik yang terbuat dari bambu ini mengeluarkan alunan melodi yang sangat indah bila dimainkan.

Bila Anda berwisata ke Bandung, sempatkanlah untuk berkunjung ke Saung Angklung Udjo. Selain bisa menonton pertunjukkan seni, Anda juga bisa belajar langsung bagaimana cara memainkan angklung.

Tak hanya itu, Anda juga bisa membeli angklung sebagai buah tangan. Selain menjual angklung, Saung Angklung Udjo juga menjual berbagai kerajinan tangan lainnya seperti miniatur angklung, gantungan kunci, hiasan dinding dan lain sebagainya.

  1. Sepatu dan tas khas Cibaduyut

Bandung juga dikenal sebagai kota mode-nya Indonesia. Di sini banyak terdapat toko yang menjual barang fashion, mulai dari yang tradisional sampai bertaraf internasional.

Cibaduyut, dikenal sebagai tempat pengrajin sepatu dan tas yang sudah mendunia. Kualitas dari produk yang dihasilkan di sini tak kalah dengan produk internasional lainnya.

Jika Anda berwisata ke Bandung, sempatkanlah berkunjung ke Cibaduyut untuk membeli produk tas dan sepatu khas sana. Selain bisa sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang, dengan membeli produk lokal, Anda juga membantu para pengrajin di Cibaduyut untuk tetap berkarya. (ra/kompas)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL