merahputih.com

Sumedang, LiputanIslam.com—Pada liburan akhir tahun kali ini, ada banyak pilihan situs wisata yang bisa kita pilih untuk keluarga. Jika berencana ke Sumedang, tak ada salahnya mengunjungi Danau Situ Biru Cilembang yang airnya biru sejernih kristal!

Jika mendnegar Kota Sumedang, yang teringat pasti tahunya. Tapi, ternyata di kota ini banyak juga situs wisata yang ciamik. Salah satu wisata alamnya yaitu Situ Biru Cilembang.

Danau indah ini terletak di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buah Dua, Sumedang, Jawa Barat. Apabila kamu ingin berkunjung ke sini, dapat melewati kota Bandung menuju Sumedang melalui jalur darat sekitar 4-5 jam dan bisa juga melewati kota Sumedang menuju desa Buah Dua memkan waktu sekitar 90 menit.

Situ Biru Cilembang atau danau berwarna biru yang memiliki air yang sangat jernih dan masih alami, sering dibandingkan dengan Labuan Cermin di Kalimantan Timur. Jika di Labuan Cermin kamu boleh berenang menikmati keindahan bawah airnya, berbeda dengan Situ Biru Cilembang. Kamu dilarang berenang karena bisa membuat airnya kotor dan keruh. Jangan bandel ya, cukup menikmati pemandangannya dari atas air saja.

Tempat wisata ini belum cukup dikelola dengan baik karena fasilitasnya masih kurang memadai. Untuk menikmati keindahan Situ Biru Cilembang, tidak dikenakan tarif masuk hanya saja kamu harus membayar Rp 2.000 untuk parkir.

Tips berkunjung ke Situ Biru Ciembang:

1. Memang terdapat larangan tidak boleh berenang, tetapi jangan khawatir karena terdapat kolam yang telah disediakan untuk pengunjung yang ingin berenang.

2. Wisata ini berada di tengah-tengah hutan, disarankan bagi kamu yang ingin berkunjung jangan lupa membawa lotion anti nyamuk, karena nyamuknya ganas-ganas.

3. Memakai sandal atau sepatu yang tidak licin karena untuk sampai ke sini harus berjalan kaki dari tempat parkir sekitar 10-15 menit dengan kondisi jalan berbatuan dan licin.
Bagaimana? Tertarik berkunjung? (ra/detik)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*