Jakarta, LiputanIslam.com–Bagi sebagian orang, libur lebaran merupakan kesempatan emas untuk kumpul keluarga. Apalagi bagi keluarga yang banyak merantau jauh dari kampung halaman. Berikut ini adalah 9 tips liburan lebaran bareng keluarga yang mungkin akan berguna untuk Anda.

 

Siapkan Anggaran Liburan

Berapapun anggota keluarganya anggaran dana tetap harus dikalkulasi dan dipersiapkan. Pilih tempat wisata yang terjangkau. Wisata mata air, danau, pantai dan kolam renang biasanya masih menjadi primadona tempat wisata libur Lebaran selaian wisata-wisata alam seperti air terjun dan taman hutan raya.

Diskusikan Tujuan Liburan Bersama Anggota Keluarga

Hindari berlibur Lebaran di tempat yang sama pada Lebaran sebelumnya. Maksudnya untuk mencari suasana yang berbeda untuk memberikan wisata yang berkesan bagi keluarga. Tidak ada salahnya berdiskusi dengan keluarga tentang tujuan wisata yang paling diinginkan untuk dikunjungi saat libur Lebaran.

Membawa Makanan Bekal Dari Rumah

Dengan membawa keluarga secara rombongan hendaknya menyiapkan makanan atau bekal dari rumah. Maksudnya agar pengeluaran untuk konsumsi bisa ditekan. Bukan berarti tidak boleh jajan. Selain bisa menghemat pengeluaran juga kesehatan dan nilai gizinya lebih terjamin bila dipersiapkan sendiri dari rumah.

Persiapkan Alat Piknik

Siapkan peralatan pokok untuk piknik seperti tikar atau alas duduk lainnya. Di tempat wisata memang bisanya disediakan penyewaan tikar. Agar bisa menghemat anggaran liburan, tidak ada salahnya mempersiapkan tikar dari rumah agar bisa digunakan saat wisata bersama keluarga.

Jangan Lupa Kamera

Bawalah kamera yang mumpuni untuk menangkap keceriaan bersama keluarga. Boleh bawa kamera DSLR atau mirrorless, yang penting bisa merekam semua kebahagiaan keluarga saat liburan. Jangan lupa untuk berfoto bersama secara lengkap di tempat wisata. Jika memang perlu, bawalah tripod atau sejenisnya agar tidak selalu meminta bantuan orang lain untuk berfoto bersama.

 

Cek Kesiapan Kendaraan

Kondisi fisik kendaraan sudah harga mati saat libur lebaran. Pelajari kondisi jalan dan medan jalan menuju tempat tujuan. Jika tempat tujuan cukup terjal, berliku dan mendaki, tentu harus diperhitungkan dengan beban yang dibawa dalam kendaraan. Jangan sampai libur Lebaran menjadi gagal karena kendaraan mogok di jalan.

Selalu Berdoa Agar Diberi Keselamatan

Manusia hanya berencana dan Tuhan yang punya kehendak. Namun takdir pun dapat diubah menjadi baik jika manusia berdoa. Jangan lupakan untuk tetap berdoa dan berlindung pada Tuhan. Perhatikan perubahan cuaca di sekitar tempat wisata. Jika hujan terus menerus atau sedang musim angin, sebaiknya cari tempat wisata yang relatif aman dari gangguan cuaca. (ra/blog.reservasi.com)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*