diliJakarta, LiputanIslam.com—Timor Leste pernah menjadi bagian Indonesia, sebelum akhirnya merdeka dan menjadi negara berdaulat. Penasaran traveling ke sana, ada apa saja ya?

Mengunjungi negara ini saya seperti berada di bumi pertiwi. Untuk masuk Timor Leste, harus menggunakan Visa on Arrival, tidak cukup paspor. Dan itu pun dibuka dari jam 08.00 pagi dan ditutup jam 16.00 waktu Timor Leste.

Negara Tuan Matar Ruak ini memiliki beberapa keunikan yang sempat membuat saya geleng-geleng kepala melihatnya. Diantaranya, negara ini punya kantor imigrasi, yang menurut saya bisa dibilang paling sederhana di dunia. Dijaga 2 orang TNI di perbatasan dan 2 di kantor imigrasi .

Untuk masuk ke negara ini kita harus merogoh kocek sebanyak 35 USD untuk Visa atau sekitar 450 ribu rupiah. Mereka tidak menerima rupiah, hanya mata uang dollar yang digunakan sebagai alat pembayaran di Timor Leste. Jika kita masuk  ke kota Dili, banyak kita temui Babi hutan di pinggir jalan. Mobil angkutan yang kita temuipun beberapa digunakan untuk mengangkut ikan, dan itu pun ditempel di bagian luar mobil.

Walaupun terbilang negara baru, Timor Leste punya infrastrukur jalanan yang relatif bagus. Jika traveler menggunakan mobil menuju Dili, traveler akan merasakan perjalanan seperti menuju Meksiko. Jalanan yang kita lalui melewati pantai yang indah dengan hamparan laut biru membentang .

Jalanan yang halus menunjang kenyamanan  berkeliling di Timor Leste. Walaupun secara geografis negara ini jauh dari Portugal, namun bahasa yang digunakan sehari-harinya adalah Bahasa Portugal. Mobil-mobil pejabatnya juga di dominasi mobil mewah keluaran Eropa.

Dengan insfrastruktur yang bagus, kita masih menemui anak-anak Timor Leste yang tidak menggunakan sepatu. Mereka bermain-main riang di tengah jalan Timor Leste yang sepi. Menutup perjalanan ke Dili, saya melihat masih ada prasasti bertanda tangan  pejabat negara Indonesia. Jika traveler pengen ke luar negeri rasa Indonesia, pergilah ke Timor Leste. (ra/detik)

Sumber foto: nomadicnotes.com

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL