Jakarta, LiputanIslam.com—Jalan-jalan ke Taman Nasional Komodo merupakan pengalaman yang takkan terlupakan. Menikmati alamnya yang indah, baik di daratan maupun bawah laut, apalagi bisa bertemu komodo secara langsung!

Jika Anda berniat jalan-jalan ke sana dalam waktu dekat, ada baiknya Anda sudah mengumpulkan informasi tentang daerah itu agar lebih efektif dan siap. Apalagi mengingat letaknya di bagian timur Indonesia dan biaya akomodasi yang dapat dibilang cukup merogoh kocek.

Taman Nasional Komodo terletak di bagian barat Labuan Bajo, yang merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai Barat. Tentunya jika mendengar tentang wisata kepulauan komodo, yang Anda pikirkan pasti wisata antar pulau, padahal tak hanya Pulau Komodo saja tempat wisata yang dapat Anda kunjungi (walaupun inilah wisata utamanya). Namun ada berbagai tempat menarik lainnya yang tak kalah indah dan sayang untuk dilewatkan di Kabupaten tersebut, jika Anda sudah jauh-jauh datang ke daerah ini.

Tempat menarik di sekitar Labuan Bajo

Untuk mencapainya, Anda harus menaiki kapal atau boat dari Labuan Bajo, NTT atau dari Pelabuhan Sape, Sumbawa, NTB. Ada ratusan pulau di Kepulauan ini yang jika Anda kunjungi tidak puas rasanya jika dalam waktu 1 hari, karena jarak antar pulaunya yang jauh. Maka sebaiknya Anda menaiki kapal liveaboard, bermalam di kapal minimal 3 hari atau 5 hari. Di kepulauan ini, ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Trekking di Pulau Padar dan Gili Laba. Waktu terbaik untuk trekking adalah pada saat Matahari terbit atau terbenam.

2. Pantai yang indah di Pink Beach/ Pasir Pink Pulau Komodo, Pulau Kanawa, Pulau Kalong

3. Melihat langsung hewan Komodo di habitat aslinya di Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Gili Motang

4. Snorkeling di Pulau Bidadari, Pulau Kelor, Pink Beach, Pulau Kanawa, Pulau Sebayur, Pulau Seraya, Manta Point, Taka Makassar dan banyak lainnya.

5. Wisata laut  di Manta Point, Batu Bolong, Taka Makassar, Crystal Rock, Castle Rock, Siaba besar dan kecil, Tatawa besar dan kecil, Manta Alley, Broken Hill, Shotgun, Gili Lawa Darat.

Wisata Kabupaten Manggarai Barat Lainnya

Daerah yang sering terlewati oleh para wisatawan yang berwisata ke pulau-pulau sekitar Labuan Bajo. Namun banyak juga destinasi wisata yang indah untuk dikunjungi, seperti:

1. Cunca Wulang dan Cunca Rami
2. Gua Batu Cermin
3. Desa adat Wae Rebo
4. Pantai Pede, Pantai Kampung Ujung
5. Danau Sanonggoang

Dari sekian banyak tujuan wisata di atas, Taman Nasional Komodo adalah paket yang lengkap untuk mengisi liburan. Saat ini, tidak sedikit paket wisata yang menawarkan perjalanan murah dengan akses dan akomodasi yang memudahkan para wisatawan. Semoga informasi ini bermanfaat. (ra/detik)

*sumber foto:  (1)anekawisatanusantara.blogspot.com (2)lifestyle.liputan6.com

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL