Jakarta, LiputanIslam.com–Traveling tentulah seru dan menyenangkan jika menyertakan teman atau keluarga. Namun, tak sedikit orang yang lebih suka jalan-jalan sendirian alias solo traveling.

Apa sih yang membuat orang suka jalan-jalan sendirian? Baca tulisan berikut ini tentang 6 keuntungan traveling secara solo di bawah ini:

  1. Lebih Hemat

Yang paling berpengaruh saat traveling secara solo adalah biaya lebih hemat. Memang sih jalan-jalan secara kelompok bisa membuat Anda patungan satu sama lainnya soal biaya, tetapi tetap saja traveling secara solo dapat menjaga pengeluaran dompet Anda.

Anda bisa mencari alternatif transportasi murah dan penginapan model fleabag yang bisa menampung Anda sendiri.  Terkadang Anda bisa patungan dengan traveler solo lainnya yang kebetulan Anda temui saat berpergian.

 

  1. Peluang Mendapat Teman Baru

Kalau Anda melakukan traveling secara solo, kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan banyak orang baru.  Anda bisa menambah teman dan juga pengalaman baru. Biasanya solidaritas antara traveler cukup kuat, jadi Anda tidak perlu khawatir merasa kesepian.

Berbeda apabila melakukan traveling bersama group, karena Anda akan selalu bersama dalam group selama perjalanan.

 

  1. Lebih Fleksibel

Jalan-jalan sendirian membuat Anda lebih bebas dan felksible. Anda tidak perlu berdebat panjang untuk menentukan lokasi wisata mana yang akan didatangi dan otomatis bia mengunjungi banyak tempat.

Anda juga tidak perlu terpaku pada jadwal yang terkadang terlalu kaku. Secara Anda sendirian, Anda bisa pergi dan melakukan apa pun yang Anda mau tanpa harus memikirkan orang lain.

Jelas bersolo traveller Anda lebih bebas dan lebih berpeluang mendatangi lebih banyak tempat wisata. Tidak ada perasaan tidak enak seperti melakukan traveling bersama group atau teman. Anda juga tidak terpaku dengan jadwal yang telah dibuat. Karena Anda yang memutuskan kemana kaki akan melangkah.

 

  1. Lebih Independen

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda akan lebih independen dengan melakukan traveling secara solo. Tidak percaya?

Mau tidak mau Anda harus menyusun rencana sendirian, termasuk tiket, tempat menginap, lokasi yang akan dikunjungi, budget yang dibutuhkan dan juga plan B bila ada rencana yang tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Anda juga harus siap dengan peta dan GPS kalau ternyata tersesat, termasuk juga –kalau traveling di luar negeri—belajar bahasa asing dasar karena sewaktu-waktu akan diperlukan untuk berinteraksi dengan warga lokal.

Selain lebih mandiri, Anda pastinya dituntut untuk percaya diri dan lebih berani.

Berbeda dengan traveling secara keroyokan dimana ada pihak organizer yang mengurus semua keperluan Anda dan Anda tinggal terima beres.

 

  1. Bisa Adaptasi

Dengan melakukan traveling secara solo, Anda dapat melatih kemampuan adaptasi Anda. Apakah Anda dapat bertahan ditempat baru dengan suasana baru dan juga gaya hidup baru. Bila Anda berhasil traveling secara solo berati Anda sudah dapat bertahan dimanapun juga.

 

  1. No Konflik

Bagi yang gemar traveling pastinya pernah mengalami konflik dengan teman seperjalanan. Buntut-buntutnya akan ada permusuhan.

Berbeda dengan traveling solo, semua suka dan duka perjalanan akan Anda rasakan sendiri. Anda juga lebih bebas karena tidak perlu minta persetujuan dari orang lain. Ini perjalanan Anda, maka Anda lah yang jadi penentu. (ra/tabloidbintang)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*