Jakarta, LiputanIslam.com–Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia memiliki banyak bangunan masjid yang indah. Ada ribuan masjid di Indonesia di berbagai Kabupaten/Kota atau propinsi dari Sabang sampai Merauke. Banyak Masjid memiliki rancangan arsitektur yang unik, seringkali merefleksikan perpaduan budaya antara Hindu-Islam, China-Java-Islam, Minang-Islam, Makassar-Islam dan lain sebagainya. Berikut ini adalah 5 masjid dengan arsitektur menakjubkan yang dijamin membuat Anda terpesona.

 

1. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan memiliki gaya bangunan yang unik dan tidak akan Anda temukan di tempat lain. Dibangun pertama kali pada tahun 1906 dan berhasil dirampungkan pada tahun 1909. Hingga saat ini telah mengalami beberapa perbaikan dan tentu saja jadi makin besar dan megah.

1-masjid-raya-medan

 

2. Masjid Rahmatan Lil-Alamin, Indramayu

Kalimat Rahmatan Lil Alamin mungkin sudah tidak asing di kalangan umat Muslim. Rahmatan Lil Alamin yang artinya rahmat bagi seluruh alam merupakan misi Tuhan melalui Rasul. Nama itulah yang kemudian ditabalkan oleh sang grand architect DR. Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang pada sebuah masjid yang berada di Komplek Kampus Al-Zaytun, Sandrem, Gantar, Indramayu ini.

Sesuai namanya, perwujudan arsitektur bangunan Masjid Rahmatan Lil Alamin harus sesuai dengan nama agung yang disandangnya. Konsep Rahmatan Lil Alamin diwujudkan dalam bentuk delapan penjuru mata angin. Mulai dari tapak persegi delapan, bentuk fisik bangunan yang juga segi delapan, dan jumlah kubah kecil yang mengitari kubah besar yang juga berjumlah delapan.

Kesemuanya melambangkan delapan penjuru mata angin. Bentuk segi delapan bangunan Masjid jika dilihat dari sisi manapun baik utara, selatan, barat, timur, barat laut, barat daya, timur laut, dan tenggara akan seperti tampak depan keseluruhannya. Tidak akan terlihat belakang ataupun sudut seperti bangunan yang dibuat dengan persegi empat.

indramayu

 

3. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Masjid ini memiliki perpaduan gaya arsitektur Jawa yang terlihat pada desain tanjung di bawah pilar utama, dan gaya Yunani yang diwakili oleh 25 pilar berwarna ungu di plaza utama. Hebatnya lagi, masjid yang beralamat di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang dan diresmikan pada tahun 2006 ini juga dilengkapi enam payung hidrolik raksasa yang bisa membuka dan menutup secara otomatis.

masjid-agung-jawa-tengah

4. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Inilah salah satu masjid tertua di Indonesia; Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di pusat kota Banda Aceh. Masjid ini dibangun di era Kesultanan Aceh yang dipimpin Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1612 M. Sempat dibakar oleh Belanda, masjid ini dibangun kembali pada tahun 1879-1881 M dengan arsitektur bergaya Moghul (India) oleh arsitek De Bruchi. Saat bencana tsunami tahun 2005, masjid ini bisa bertahan dan tetap berdiri kokoh.

halaman_depan_masjid_baiturrahman

5. Masjid Al-Akbar, Surabaya

Dikenal juga dengan nama Masjid Agung Surabaya, Masjid Al-Akbar ini merupakan masjid ketiga terbesar di Indonesia. Keunikan masjid yang diresmikan pada tahun 2000 ini terlihat pada desain arsitekturnya yang unik dan modern, dengan sebuah kubah besar dan empat kubah kecil berstruktur seperti daun berwarna biru-hijau. Masjid ini berada di samping jalan Tol Surabaya – Porong, tepatnya di Jalan Pagesangan, Kecamatan Jambangan. (ra)

surabaya

*sumber foto: (1) http://5antri.blogspot.co.id (2) www.fotografindo.com (3) http://www.rasikasemarang.com (4) http://ulinulin.com/ (5) www.flickr.com/photos/blenkovic/7821258714

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL