Bandung, LiputanIslam.com– Memasuki minggu pertama di bulan Ramadhan, Anda pasti sedang semangat-semangatnya menjalani ibadah puasa. Untuk Anda yang lagi berada di Bandung, ada lokasi-lokasi seru yang pas banget buat ngabuburit. Di mana saja, ya, tempatnya?

1. ALUN-ALUN KOTA BANDUNG

Alun-Alun Kota Bandung yang berada di jalan Dalem Kaum berlokasi tepat di depan Masjid Agung ini sudah makin cantik karena sudah direnovasi. Kamu bisa menghabiskan waktu di sana untuk hunting foto atau bermain di Alun-Alun yang dipenuhi rumput sintetis, bahkan travelers juga bisa membawa si kecil. Soalnya, di Alun-Alun terdapat berbagai pilihan permainan untuk anak-anak, seperti kereta api gerbong mini, atau motor-motoran dan mobil-mobilan.

Di sekitar Alun-Alun juga terdapat banyak tempat belanja yang melayani berbagai keperluan warga Bandung. Juga terdapat puluhan pedagang kaki lima yang menjual aneka makanan dan minuman, seperti es kelapa, kolak, asinan, gorengan, kue-kue, bakso, batagor, dan lain-lain untuk berbuka puasa!

2. JALAN BRAGA

Tempat hunting foto asyik lain di Bandung ada di jalan Braga yang merupakan jalan paling ikonik di kota kembang. Soalnya, di jalan Braga penuh dengan deretan gedung tua bergaya kolonial. Jalan ini dari dulu sudah dikenal sebagai pusat keramaian dan bisnis utama di kota Bandung sejak zaman pendudukan Belanda di indonesia. Meski terkesan tua, tapi suasananya jauh dari kesan kuno. Soalnya, banyak juga bangunan modern yang berdiri di samping gedung-gedung tua tersebut.

3. CARINGIN TILU (CARTIL)

Ketika siang menuju sore, berkunjunglah ke arah Terminal Cicaheum lalu Padusuka. Di sepanjang jalan menuju Caringin Tilu (Cartil), kamu akan disuguhi pemandangan hutan yang menyejukkan mata. Cartil adalah nama area yang terletak di Padasuka, tepat di dekat Saung Angklung Udjo. Di sinilah tempat yang tepat untuk menikmati Bandung dari ketinggian.

Jam berbuka puasa bakal terasa cepat berlalu ketika kamu sampai di Cartil, apalagi ketika kamu menunggu sunset muncul. Pergantian warna langit dan semburat senja juga menjadi suguhan alam menakjubkan sebelum beduk Maghrib tiba!

4. TAMAN IR. H JUANDA (TAHURA)

Taman Ir. H Juanda (Tahura) terletak dekat dengan Terminal Dago. Tahura membentang dari Dago Pakar hingga Maribaya Lembang. Taman kota ini cocok banget untuk jalan santai, sekaligus menikmati sejuknya udara Bandung. Pas kan buat ngabuburit bareng keluarga atau teman. Dari Tahura, kamu bisa menyusuri jalan setapak, mengunjungi air terjun, atau masuk ke dalam Gua Jepang atau Gua Belanda. Banyak spot keren lho di sana!

5. LAPANGAN GASIBU DAN GEDUNG SATE

Lapangan Gasibu memang terletak tepat di depan Gedung Sate. Kedua lokasi ini memang selalu jadi tempat favorit untuk ngabuburit buat anak muda Bandung. Mereka biasanya suka berkumpul hingga ke arah utara, yaitu di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Jika cuaca lagi bersahabat, mereka suka banget duduk-duduk di tangga Lapangan Gasibu atau Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat untuk menonton aksi ketangkasan anak muda lain yang balapan dengan menggunakan sepeda motor. Ketika waktunya berbuka, mereka akan menyebar ke berbagai lokasi kuliner, seperti jalan Cisangkuy, Cimandiri, hingga Dipati Ukur.

6. TAMAN FILM

Supaya nggak mengantuk dan bosan, biasanya kita suka ngabuburit dengan nonton film. Nah, bakal lebih asyik jika kamu ngabuburi di Taman Film yang suka dimanfaatkan oleh anak muda Bandung untuk nonton film ramai-ramai. Kalian bisa pilih sendiri, mau nonton film Korea, Hollywood, Bollywood, Indonesia, atau film indie. Lengkap banget kan koleksi filmnya! Langsung aja datang ke bawah Jembatan Pasupati, di jalan Layang Pasupati.

7. TAMAN MUSIK

Kalau di Taman Film kamu bisa nonton film ramai-ramai, di Taman Musik (jalan Bali, Sumur Bandung), kamu bisa main musik bareng teman-teman. Boleh sambil main gitar atau alat musik lainnya. Ilmu bermusik kamu bisa makin bagus, nih! Di Taman Musik, kamu juga bisa melakukan show case bareng teman-teman di panggung terbukanya. Dijamin bisa lupa waktu saat berada di sana.

8. TAMAN FOTO/ TAMAN CEMPAKA

Jika kamu seorang fotografer atau punya hobi fotografi, Taman Foto (Taman Cempaka) yang berada di jalan Kemuning no. 4, Sumur Bandung merupakan pilihan yang tepat untuk ngabuburit. Di sana kamu akan menemukan banyak spot menarik untuk difoto. Bukan cuma itu, tapi di Taman Foto juga memajang berbagai macam hasil fotografi. Yang bikin pengunjung makin betah adalah terdapat fasilitas Wi-Fi gratis untuk umum.

9. BUKIT BINTANG

Sesuai dengan namanya, di Bukit Bintang (jalan Bukit Pakar Timur), kamu bisa menikmati kelap-kelip bintang dengan jelas. Memang sih, keindahan bintang di Bukit Bintang cuma bisa dirasakan saat malam hari, tapi nggak ada salahnya jika kamu mengajak orang terdekat ke sana untuk mengobrol dan menikmati suasana sambil menunggu beduk Maghrib lalu kamu bisa berbuka puasa sambil memandangi bintang-bintang yang indah di langit.

10. CAR FREE DAY

Puasa bukan lagi jadi halangan untuk berolahraga. Setelah sahur, kamu bisa menikmati suasana pagi yang sejuk di Bandung dengan datang ke Car Free Day Bandung yang berada di sepanjang ruas jalan Dago. Ajak teman-teman kamu untuk olahraga di sana sambil bawa sepeda, sepatu roda, atau peralatan olahraga lainnya. Nggak hanya olahraga yang bisa kamu lakukan, tapi kamu juga bisa menikmati street art, fashion show, fotografi, pentas mini musik, dan lain-lain. (ra/pegipegi)

*sumber foto: shafiraira.com

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL