Palembang, LiputanIslam.com—Kota Pagar Alam atau Pagaralam mungkin masih asing di telinga sebagian warga. Kota di Sumatera Selatan ini dikenal dengan sebutan Kota Seribu Air Terjun. Bisa dikatakan, kota ini masih ‘perawan’ dengan tempat wisatanya yang masih asri.

Pagaralam bisa dicapai dalam 7 jam dari Palembang, ibukota Sumatera Selatan, dengan kendaraan roda empat. Namun, bisa juga dijejaki via udara, dengan penerbangan selama 40 menit. Rute penerbangan yang dilayani oleh Wings Air ini adalah Palembang-Lahat. Lahat merupakan kabupaten yang bersebelahan dengan Pagaralam.

Kota ini penuh kejutan karena banyaknya objek wisata keren yang bisa dinikmati. Berikut ini 7 pilihan wisara rekomendasi seperti dikutip dari Tempo, 19/10.

 

  1. Gunung Dempo
    Gunung Dempo  merupakan bagian dari pegunungan Bukit Barisan, dan gunung ini merupakan yang tertinggi di Sumatera Selatan ini kerap menjadi tujuan para pendaki. Berada di ketinggian 3.173 meter di atas permukaan laut, bagi yang tak mempunyai tekad dan minat kuat tetap bisa menikmati gunung ini, dari kejauhan. Tentunya,  keindahannya tetap terlihat.

 

  1. Kebun Teh  
    Salah satu cara untuk merasakan hawa Gunung Dempo, bisa berkunjung ke perkebunan teh yang ada di kaki gunung ini. Perkebunan teh yang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda, tepatnya pada 1929. Uniknya, bila bertemu dengan pemetik tehnya, sebagian besar bercakap Bahasa Jawa. Rupanya pemetik teh di sini di masa lalu memang dikirim dari Jawa Tengah, hingga sudah turun menurun mereka tinggal di sini.

Rasakan sensasi berada di di tengah-tengah kebun teh seluas 1.500 hektare di sini. Ada juga pemandangan kota Pagaralam dari jauh. Jarak antara perkebunan teh dan pusat kota sekitar 9 km. Jangan lupa membeli oleh-oleh teh khas Gunung Dempo di koperasi PTPN VII.

  1. Curup Mangkok dan Curup Embun
    Tak jauh dari perkebunan teh, ada dua air terjun yang bisa disinggahi. Melewati perkebunan kopi, kedua air terjun pun  terdengar suaranya nyaring di musim hujan. Kedua air terjun ini berdekatan.

Warga setempat menyebut air terjun dengan sebutan curup atau chugup. Curup Embun yang memiliki ketinggian 80 meter dan untuk mencapainya, ada tangga menurun. Untuk melepas haus, di bagian atas ada warung-warung penjaja makanan dan minuman.

 

  1. Tangga Seribu
    Salah satu objek wisata yang tak jauh dari kaki Gunung Dempo adalah Tangga Seribu. Berupa tangga yang panjang dengan lebar sekitar 5 meter. Di kiri-kanannya kebun teh. Tangga Seribu ini berada di Kawasan Wisata Gunung Gare. Dari sini, Gunung Dempo yang gagah pun bisa terlihat jelas, apalagi langit cerah.

 

  1. Dempo Park
    Yang satu ini terbilang baru, berupa taman dengan fasilitas bermain untuk anak-anak. Ada juga beberapa spot yang terbilang instagrammable. Gunung Dempo menjadi latar dari area rekreasi ini.

 

  1. Tebat Gheban
    Tebatadalah sebutan masyarakat lokal untuk danau. Tebat Gheban ini memiliki luas sekitar 3 hektar, kerimbunan mengelilingi danau, termasuk deretan pohon-pohon cemara. Biasanya orang datang untuk bersantai di gazebo yang ada di tepi danau, atau memancing. Dari pusat kota berjarak 7 kilometer. Dari danau ini juga terlihat Gunung Dempo dari kejauhan.

 

  1. Air Terjun Lematang Indah
    Air terjun yang satu ini bisa ditemukan dalam perjalanan dari Pagaralam ke Lahat. Tidak perlu bersusah payah untuk mencapainya karena berada di tepi jalan  jalur utama antara dua kota ini. Aliran airnya berasal dari Sungai Lematang. Dari jalan utama, ada tangga menurun untuk mencapai air terjun setinggi 40 meter ini. Untuk bermain dengan riaknya, bisa menjajal tubing dengan ban besar. (ra/tempo)

*sumber foto: (1)twitter.com/gnfi (2)jbbesemah.wordpress.com

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*