Malang, LiputanIslam.com–Jika Anda sedang berkunjung ke Jawa Timur, ada baiknya jika Anda mampir sebentar ke sebuah masjid nan eksotis bernama masjid Tiban yang berada di Sananrejo, Turen, Kab. Malang. Dengan menara penuh dengan kaligrafi,  masjid ini konon dibuat oleh jin! Benarkah itu?

Bangunan masjid berornamen Timur Tengah dengan warna dominan biru dan putih itu memang berada di tengah-tengah pemukiman yang padat. Jarak dari jalan raya menuju lokasi, sekitar satu kilometer.

Begitu Anda masuk ke kompleks masjid ini, Anda akan menyaksikan bangunan 10 tingkat, dimana masing-masing tingkatnya memiliki tema yang berbeda-beda

Pada lantai 1 terdapat beberapa pajangan akuarium yang cukup besar dan tempat penjualan souvenir. Lantai 2 – 6 Anda akan dimanjakan dengan berbagai ukiran-ukiran kaligrafi dan ornamen-ornamen yang memanjakan mata Anda. Pada Lantai 7-8 Anda bisa membeli beberapa pernak pernik oleh-oleh khas masjid tiban ini. Dan di ujung lantai 9-10 Anda akan dimanjakan dengan pemandangan desa nan hijau dan nyaman dari ketinggian.

Jika Anda suka tantangan, Anda bisa naik tangga dengan kemiringan sangat curam dari lantai 9-10. Jika tidak, Anda bisa memilih tangga bisa.

Menurut mitos yang beredar didaerah tersebut bangunan masjid ini dibangun oleh jin dalam waktu hanya semalam saja.

Namun, menurut sekertariat masjid, mitos itu tak boleh dipercayai. Pembangunan masjid ini adalah murni dibangun oleh para santri dan jamaah Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah.

Tak ada biaya tiket masuk yang harus Anda keluarkan jika berkunjung ke Masjid Tiban ini, hanya cukup mengeluarkan uang untuk parkir kendaraan Anda. (ra/ilovemalang)

*sumber foto: (1) merdeka.com (2) sobara.wordpress.com

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*