LiputanIslam.com—Selama bulan Agustus ini, Candi Plaosan di Klaten, Jawa Tengah, bisa dinikmati secara gratis. Bagi Anda pecinta fotografi bisa dengan bebas berburu sunset di kawasan candi yang terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan itu.

Tiket masuk gratis ini karena adanya momentum peringatan 17 Agustus. Sedangkan di hari biasa, pengunjung harus bayar tiket seharga Rp 3.000.

Di  petang hari, sejumlah pengunjung sudah menata kamera dan tripodnya di depan badan candi. Mereka tak mau melewatkan pemandangan matahari terbenam.

Latar dua candi kembar plaosan dengan langit yang berganti warna memang mengundang decak kagum. Tak heran banyak pengunjung yang duduk-duduk dan turut berfoto dengan latar pemandangan tersebut.

Hadirnya pendopo yang disebut Paseban Candi Kembar menjadi tempat bersantai menikmati pemandangan sambil makan atau minum.

Bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momentum sunset, November adalah bulan lain yang tepat untuk didatangi. Pada bulan ini,  pemandangan matahari terbenam terlihat lebih indah sebab posisi matahari akan tepat berada di antara dua candi.

Nah, ada yang unik dari sejarah candi ini. Candi Plaosan merupakan candi perpaduan Hindhu dan Buddha.

Pada masa Kerajaan Mataram, candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan yang beragama Hindhu untuk dipersembahkan kepada istrinya Pramodhawardhani yang beragama Buddha. Singkat kata, bangunan candi ini merupakan simbol cinta dua insan yang berbeda agama. (ra/kompas)

*sumber foto: (1)situbpitub.blogspot.co.id (2)javaisbeautiful.com

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL