Jakarta, LiputanIslam.com—Akhir tahun sudah semakin dekat. Selain rehat dari rutinitas, momen ini adalah saat yang tepat untuk menghabiskan waktu  bersama keluarga dan sahabat terdekat dengan mengagendakan kegiatan liburan. Namun, kadang rencana liburan kita terhambat karena masalah biaya.

Tapi itu bukan berarti tak bisa liburan sama sekali. Perhatikan tips-tips liburan berikut ini:

1. Tentukan Destinasi yang Hendak Didatangi

Banyak orang yang ingin liburan tapi seringkali bingung memilih tujuannya, naik kendaraan apa,bermalam dimana saat sudah sampai tempat yang dituju.

Destinasi merupakan salah satu hal terpenting dari perencanaan liburan akhir tahun, tentunya akan bergantung dengan budget ataupun selera dan keinginan.

Coba lakukan survey lewat internet dan carilah rekomendasi dari travel blogger, ini akan mempermudah dalam penentuan destinasi. Dengan riset sederhana, tidak sulit untuk menentukan destinasi wisata dengan wisata alam, surga belanja, atau wisata kulinernya.

2. Sesuaikan moda transportasi dengan budget yang dimiliki

Kalau budget tidak memungkinkan, jangan paksakan rencana untuk menggunakan transportasi yang cenderung mahal, pesawat terbang misalnya. Kecuali jika sedang ada promo di mana kita bisa mendapatkan tiket dengan harga yang jau lebih murah dibandingkan harga semula.

Carilah alternatif alat transportasi lain seperti kereta atau bus. Meskipun memakan lebih banyak waktu di perjalanan, tapi dijamin budget yang dikeluarkan jadi lebih murah.

Selain itu, menggunakan kendaraan umum seperti kereta dan bus juga akan menambah cerita dan pengalaman perjalanan liburan.

3. Promo akhir tahun? Kenapa tidak?

Akhir tahun biasanya jadi waktu untuk berbagai perusahaan memberikan berbagai macam promo. Coba gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan apapun termasuk tiket pesawat, penginapan, dan paket wisata dengan  harga yang lebih murah.

4. Cari penginapan dengan harga murah

sebagian besar budget liburan umumnya terkuras habis untuk biaya transportasi dan penginapan. Oleh karena itu, jika bisa mendapatkan penginapan dengan harga murah, itu akan sangat membantu menghemat biaya liburan.

Apalagi jika punya kenalan yang bisa menyediakan tempat menginap. Tapi kalau tak punya, coba cari penginapan dengan harga murah seperti homestay atau hostel yang berkisar antara Rp150-400 ribuan per malamnya.

Jangan malas untuk browsing dan bertanya rekomendasi penginapan bagus dan murah ke orang-orang terdekat. Siapa tahu bisa mereka punya rekomendasi harga murah sekaligus fasilitas yang memadai.

5. Tetapkan budget untuk membeli oleh-oleh

Terkadang, membeli oleh-oleh bisa jadi hal yang membuat pengeluaran jadi membengkak. Maka dari itu, sebaiknya tentukan berapa budget yang harus dikeluarkan untuk membeli oleh-oleh.

Ada baiknya lakukan riset lebih awal untuk mencari tahu apa cendera mata khas di destinasi yang hendak dituju beserta harganya. Jika ada teman yang “nitip” untuk dicarikan barang, lebih baik minta uangnya di awal agar tidak perlu nombok. (ra/ phinemo.com)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL