Jakarta, LiputanIslam.com—Sebelumnya bernama Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Laskar Pelangi adalah ikon wisata Belitung yang dapat membuat Anda bernostalgia dengan filmnya yang legendaris itu.

Pantai Laskar Pelangi diapit oleh dua semenanjung yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam.

Pantai Tanjung Tinggi sendiri berasal dari kata tanjung dan tinggi. Tanjung berarti semenanjung atau daerah yang menjorok ke laut sedang tinggi berarti pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi-tinggi.

Pantai ini terletak tak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak sekitar 31 km dari Kota Tanjung Pandan. Umumnya pengunjung menikmati pantai ini seusai berkeliling pulau dan turun dari kapal di Pantai Tanjung Kelayang .

Kawasan pantai ini juga dikenal sebagai salah satu geosite di Indonesia . Geosite sendiri artinya sebuah kawasan yang terbentuk dari susunan geologi, biologi dan kebudayaan. Batu-batu granit yang terdapat di pantai ini berasal dari proses tektonik yang menyebabkan pengangkatan batu granit dari kedalaman puluhan kilometer ke permukaan bumi. Batu-batu granit berukuran besar inilah yang menjadi daya tarik utama pantai di Belitung.

Selain menikmati keindahan pemandangan bebatuan, di pantai ini pengunjung biasanya juga bermain di pantai yang tenang, menikmati kelapa muda maupun aneka jajanan yang tersedia di sepanjang area dekat pantai. Waktu yang pa menikmati pantai adalah saat pagi atau sore hari di mana sinar matahari tidak terlalu terik. (ra/detik)

*sumber foto: (1)brobali.com (2)wisataku.id

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*