Jakarta, LiputanIslam.com—Bukit Panguk berada di Dusun Kediwung, Mangunan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Tempat ini  rasanya cocok disebut sebagai destinasi wisata foto. Karena, aktivitas yang dilakukan oleh wisatawan ke bukit ini pastilah berfoto ria dan mengabadikan pemandangan alam nan indah.

Bukit Panguk baru dibuka pada Mei tahun 2016. Masyarakat Dusun Kediwung lainnya berswadaya untuk membenahi Bukit Panguk agar dapat menjadi destinasi wisata. Misalnya dengan membuat tangga batu, mendirikan warung, mengelola parkir, dan dan menghias anjungan foto.

Total ada sembilan anjungan foto dengan bentuk dan tema berbeda yang dibangun oleh masyarakat Dusun Kediwung. Lima anjungan gratis, dan empat anjungan lainnya berbayar.

Jangan khawatir berbayar pun harganya masih cukup masuk akal. Untuk berpose di anjungan berbayar pengunjung dipungut biaya Rp 3.000. Waktu berpose dibatasi tiga menit, mengingat banyak pengunjung yang antre ingin berfoto.

Anjungan foto di Bukit Panguk juga terdiri dari banyak bentuk, misalnya bentuk hati, pegasus, perahu, bunga matahari, dan masih banyak lainnya.

Pemandangan kabut tipis bagaikan awan menjadi keunggulan untuk berfoto di anjungan Bukit Panguk.

Oleh karena itu Ismi menganjurkan waktu terbaik adalah saat matahari terbit. Pengunjung Bukit Panguk sendiri sudah ramai sedari pukul 04.30.

Lokasi Bukit Panguk sendiri tak jauh dari Kebun Buah Mangunan, dapat ditempuh 10 menit berkendara. Kondisi jalan menuju Bukit Panguk masih belum begitu baik, cenderung berbatu. Namun semua terbayar saat Anda sampai di Bukit Panguk. (ra/kompas)

Sumber foto: (1)imtum.com (2)dakatour.com

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL