Jakarta, LiputanIslam.com– Melakukan perjalanan dan petualangan seorang diri atau juga disebut solo traveling merupakan salah satu cara untuk melarikan diri dari rutinitas sehari-hari. Jika Anda berencana melakukan solo traveling, begini beberapa saran dan kiat yang diberikan Hilton Honnors, salah satu industri travel terkenal.

 

  1. 1. Singkirkan Rasa Ragu

Memikirkan sesuatu yang baru, seperti melakukan perjalanan seorang diri, kadang merupakan gagasan yang menakutkan. Namun Luis Smith (@wander_travel_explore) mengatakan “Masukkan jari kakimu dalam pengalaman menjelajah.” Cobalah pergi ke taman yang tidak pernah kamu kunjungi sebelumnya. Atau ke gunung dan pantai walau hanya untuk beberapa jam. Menginap semalam pun dapat membuat perjalanan singkat itu bak sebuah pelarian yang hebat.

 

  1. Jadilah yang Menguasai Perjalanan

Salah satu keuntungan bepergian sendirian adalah kamu yang menentukan acaramu. Kamu yang mengatur perjalananmu, seperti di mana lokasi menginap dan bagaimana sampai ke sana. Memang, sebuah penjelahan solo kadang berjumpa hal-hal yang tak terduga. Juri MasterChef, Aarón Sánchez mengatakan, penduduk setempat bisa menjadi penolong. Mereka akan memberitahu tempat-tempat untuk dikunjungi.

 

  1. Bawaan Harus Ringkas

Bagi Megan Elliot dari LushtoBlush.com, bukan masalah apa yang ada di dalam koper. Kunci dari traveller blogger yang pergi sendiri adalah bawaan bagasi harus ringan. Bawalah yang penting karena tak ada yang membantu membawakan tasmu. Toh, “Jika kamu melupakan sesuatu, kamu dapat membelinya.”

Tom Gourd dari TravelTomTom.net lebih memilih menyiapkan daftar sederhana. Ia berpendapat sepatu kets harus dimiliki untuk mendaki gunung atau bepergian di kota. Selain itu mendokumentasikan perjalanan wajib hukumnya.. Seperti kata Madeleine Schneider-Weiffenbach yang lebih dikenal sebagai guru perjalanan @PilotMadeleine, “Tongkat selfie atau kamera dengan timer otomatis sangat berguna.”

 

       4. Buka Diri Bagi Teman Baru

“Bepergian sendiri adalah tentang bertemu orang asing.” Begitulah kata Tom Groud. Ia mewanti-wanti jangan berlebihan saat melakukan perjalanan sendiri. Lakukan dengan sederhana, tanyakan dari mana asal seseorang, atau mintalah saran perjalanan dari mereka.

Megan Elliot setuju bahwa berbicara dengan orang asing bukan hal yang tabu. “Saat bepergian, kamu bisa menjadi siapa pun yang kamu mau. Jadi jangan khawatir dihakimi dan bertemanlah.”  Ia juga mengingatkan teman baru di perjalanan bisa menjadi teman terbaik yang pernah kamu miliki. (ra/tempo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL