isis-bakar-pilot-yordania_20150204_20150204_074350

ISIS eksekusi tawanan dengan cara dibakar

Kuwait, LiputanIslam.com — Menteri Dalam Negeri Kuwait menyatakan bahwa pihaknya akan menindak ekstremis yang turut membantu Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), termasuk yang menjadi calo dan memberikan persenjataan. Enam orang yang tengah beroperasi di Kuwait ditangkap.

Media Kuwait News Agency yang dikutip AP, 20 November 2015 menyatakan bahwa ekstremis yang ditangkap adalah Osalam Khayat, yang berkebangsaan Lebanon. Ia mengaku telah membantu ISIS merekrut anggota dan mengirimkan dana kepada sebuah akun bank di Turki, yang pemiliknya beraffiliasi dengan ISIS. Selain itu, Khayat juga mengaku telah melakukan kesepakatan terkait persenjataan di Ukraina. Lalu, melalui Turki, ia mengirim senjata kepada ISIS di Suriah.

Selain Khayat, ada tiga orang lainnya yang ditangkap berasal dari Suriah. Salah satu dari mereka adalah pemasok senjata untuk ISIS, dan yang lainnya mengurus masalah pendanaan dan komunikasi. Satu orang asal Mesir ditangkap karena merupakan anggota ISIS, dan seorang lainnya warga negara Kuwait juga diamankan karena bertanggung jawab memberikan dukungan logistik kepada ISIS.

Melawan Lupa, Kuwait Adalah Pendukung ISIS

The Daily Beast melaporkan pada 14 Juni 2014, bahwa kelompok teroris di Suriah menerima dana dari negara-negara Teluk yang kaya, seperti Qatar dan Kuwait.

Disebutkan, donatur dari Kuwait mendapatkan keuntungan akibat lemahnya aturan keuangan di negara tersebut. Donatur ini, menurut The Brookings Institution, telah mengirimkan ratusan juta dollar teroris di Suriah.

“Lebih dari dua setengah tahun, Kuwait telah mendanai dan mengorganisir kegiatan kemanusiaan (peduli Suriah- red), dan mendukung pemberontak Suriah,” tegasnya.

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL