senjata isis

Foto: Para petempur ISIS. Sumber: World Tribune

Moskow, LiputanIslam.com – Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah menerima kiriman senjata dari negara-negara eks Blok Timur, demikian ditulis World Tribune, Kamis (14/8).

Sumber-sumber diplomat mengatakan bahwa ISIS telah memesan senjata anti tank, roket, mortir, mobil lapis baja dan alat komunikasi melalui front di Eropa. Menurut mereka, senjata dan perlengkapan perang diperoleh ISIS dari negara-negara yang dulu beraliansi dengan Uni Soviet seperti Bulgaria, Kroasi, Rumania dan Ukraina.

“ISIS memang menggunakan senjata buatan AS hasil rampasan di Irak, tapi sebagian besar material disuplai dari negara-negara eks Blok Timur yang telah dipesan sejak lebih dari satu tahun silam,” ungkap seorang diplomat, sebagaimana dilaporkan Middle East Newsline dan dikutip Focus Infromation Agency, Sabtu (16/8).

12 Agustus lalu, sumber diplomat lain mengatakan gelombang senjata untuk ISIS datang dengan bantuan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), terutama Turki. Dia menyebutkan bahwa dinas-dinas intelijen NATO telah memfasilitasi pembayaran dan pengiriman senjata ke dan dari Eropa ke Suriah dengan kedok bantuan kemanusiaan.

“Dinas-dinas keamanan Barat bertanggungjawab untuk suplai senjata andalan dari negara-negara Eropa Barat, untuk transfer dana, transportasi dan pengiriman ‘bantuan kemanusiaan’ mematikan ke Timur Tengah,” ujarnya.

Sumber itu juga mengatakan kepada kantor berita Rusia, Ria-Novosti, bahwa ISIS mulai memesan senjata dan perlengkapan militer pada awal tahun 2013. Dia menyebutkan bahwa Kroasia telah menyuplai kendaraan lapis baja pengangkut personil serta peluncur roket, Rumania menjual tank tempur, Ukraina kendaraan perang infanteri, dan Bulgaria menyuplai Amunisi.

Menurut sumber-sumber tersebut, Turki dan negara-negara eks-Yugoslavia memainkan peranan kunci dalam pembekalan ISIS dengan senjata. Mereka mengatakan bahwa ISIS juga dibantu dengan rekrutmen anggota di Bosnia, Bulgaria dan Kosovo untuk berperang di Irak dan Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL