البيشمركة تدخل سنجار وتصل الى النازحين في جبل سنجاBaghdad, LiputanIslam.com – Pasukan Kurdi Irak, Suriah dan Turki menyatakan bersatu melawan kawanan teroris bersenjata Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kawasan Sinjar, demikian dikatakan Ketua Uni Patriotik Kurdistan Irak (PUK) di Nineveh, Hallo Penjweni, sebagaimana dilansir AFP dan dikutip IRNA, Rabu kemarin (6/8).

“Sejumlah pasukan Kurdi Turki telah mendatangi pegunungan Sinjar untuk membela orang-orang Sinjar,” ungkap Penjweni.

Dia menambahkan, “Pasukan Kurdi Turki dan wilayah barat Kurdistan (Suriah ) akan melawan ISIS di kawasan Rabiah dan Sinjar.” Menurutnya, selain kawasan tersebut, kawasan Zumar dan beberapa kawasan timur dan utara Mosul juga masuk dalam wilayah operasi pasukan Kurdi Irak.

Sementara itu, petinggi PUK kawasan Dahuk, Harim Kamal Agha, mengatakan bahwa pasukan Kurdi yang bertempur di kota Sinjar membutuhkan waktu beberapa hari untuk membuka akses yang aman bagi warga sipil yang terjebak di pegunungan.

“Pasukan Kurdi sedang berusaha membuka jalur yang aman untuk para pengungsi, dan ini memerlukan waktu beberapa hari,” katanya.
Seperti diketahui, kawanan teroris ISIS Ahad (3/8) lalu menyerbu dan menguasai kota Sinjar yang mayoritas penduduknya menganut sekte Yazidi. Serangan ini menyebabkan puluhan ribu penduduknya terpaksa kabur menyelamatkan diri dan banyak yang terjebak di pegunungan Sinjar dalam kondisi mengenaskan. Lembaga Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (Unicef) menyebutkan sekira 40 anak kecil warga Yazidi tewas akibat kondisi tersebut.

Sementara itu, TV resmi Irak al-Iraqiya melaporkan bahwa pasukan Peshmerga yang didukung angkatan udara Irak Rabu kemarin memukul mundur gerilyawan ISIS di kawasan Shalalat, Mosul, setelah berhasil menewaskan puluhan anggota teroris tersebut. Disebutkan bahwa kawanan ISIS kabur meninggalkan mayat-mayat rekan mereka yang tewas.

Sumber lain dari provinsi Nineveh kepada al-Sumaria News menyatakan bahwa Pasukan Peshmerga juga berhasil merebut kembali kawasan al-Kuwair di timur kota Mosul setelah terlibat pertempuran yang menewaskan dan melukai 54 anggota ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL