penduduk yazidi sinjarBaghdad, LiputanIslam.com – Gerombolan teroris bersenjata Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dilaporkan telah membantai sekitar 500 pria komunitas sekte Yazidi (Izidi) serta menyekap sekitar 500 perempuannya, demikian dinyatakan Fiyan al-Dakhil, anggota parlemen Irak dari komunitas Yazidi, dalam jumpa pers di gedung parlemen Irak, Baghdad, Selasa (5/8).

“Sebanyak 500 perempuan Yazidi yang ditawan oleh kawanan teroris ISIS sekarang disekap di sebuah tempat di dekat Tal Afar,” ujar al-Dakhil, sebagaimana dikutip IRNA.

Dia menambahkan bahwa 170 warga Yazidi, 70 di antaranya anak kecil, tewas dalam beberapa hari terakhir akibat buruknya situasi. Menurutnya, mencekamnya situasi keamanan di provinsi Nineveh, Irak utara, sejauh ini telah membuat sebanyak 30,000 penduduk mengungsi dari kota Sinjar.

“Pemerintah pusat dan otoritas Kurdistan harus segera mengesamping perselisihannya dan bekerjasama untuk menyelematkan warga Yazidi secepatnya,” pinta al-Dakhil.

Untuk diketahui, Yazidi ada sebuah sekte keagamaan di Timur Tengah yang sebagian besar penganutnya berada di Mosul serta kawasan sekitar pegunungan Sinjar dan provinsi Dahuk di wilayah otonomi Kurdistan. Komunitas-komunitas kecil mereka juga ada di Turki, Suriah, Iran, Georgia dan Armenia. Sekte ini berasal dari kalangan bersuku Kurdi dan kini dianut oleh sekitar 500,000 jiwa. Ajarannya terdiri atas kombinasi antara Islam dan agama-agama lain pra Islam serta sangat kental dengan mistisisme. Mereka melakukan ritual keagamaannya dengan menggunakan bahasa Kurdi. Pusat peribadatan mereka adalah Kuil Lalesh yang terletak di 40 kilometer timur kota Dahuk, Kurdistan, Irak.

Sementara itu, pasukan Unit Perlindungan Rakyat Kurdistan (YPG) hari ini, Rabu (6/8) menyatakan telah mengirim gelombang pertama petempurnya ke Sinjar untuk melawan ISIS dan membela penduduk setempat, namun tidak disebutkan jumlah pasukan dalam gelombang tersebut.

Juru Bicara sayap bersenjata Partai Pekerja Kurdi (PKK) ini, Bakhtiyar Dughan, kepada al-Sumaria News mengatakan, “Gelombang pertama petempur PKK kemarin telah dikirim dari kawasan pegunungan Kurdistan ke kota Sinjar atas seruan komandan umum YPG untuk membela penduduk setempat dan memerangi kawanan bersenjata ISIS.”

Di bagian lain, laporan terbaru dari Badan Intelijen Irak yang dilansir situs Iraq al-Qanun menyebutkan bahwa sekira 200 anggota ISIS tewas dan 150 lainnya luka-luka diterjang serangan udara pasukan Irak terhadap lokasi konstrasi ISIS di kota Sinjar. Disebutkan bahwa serangan itu dilancarkan bekerjasama dengan Badan Intelijen Irak.

Selain itu, badan itu juga menyatakan sebanyak 35 teroris ISIS tewas dan enam kendaraan mereka hancur dihantam serangan helikopter tempur Irak di Baiji, bagian utara provinsi Salahuddin.

Belakangan ini pasukan menggalang kerjasama intensif dengan pasukan Kurdistan Irak, Peshmerga, untuk memerangi ISIS yang bercokol di berbagai kawasan Irak utara. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL