dinding saudi

Foto Ilustrasi: Dinding pemisah antara Arab Saudi dan Yaman.

Riyadh, LiputanIslam.com – Pemerintah Arab Saudi dilaporkan sedang membangun dinding atau pagar pengaman terpanjang dunia di sepanjang garis perbatasan utara negara ini dengan Irak, yakni sepanjang 900 kilometer.

Situs pemberitaan al-Mowaten Ahad (7/9) menyebutkan bahwa dinding itu dibangun Saudi sebagai barikade keamanan negara ini dari segala ancaman bahaya, terutama sejak kelompok radikal dan brutal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) berhasil menguasai beberapa wilayah Irak dan menunjukkan kekuatannya di sana.

Menurut al-Mowaten, dinding terpanjang di muka bumi itu mencakup dunia bagian, satu terbuat dari tanah dan yang lain dari besi, dan membentang di enam kawasan Arour, Uwaiqalah, Rafhaa, al-Shu’bah dan Fahar al-Batin.

Kantor berita Arab Saudi, SPA, melaporkan bahwa Saudi telah meresmikan pagar berlapis-lapis itu dalam rangka mengamankan perbatasan gurun yang luas melawan penyusup dan penyelundup. Pagar itu akan diperkuat dengan  menara-menara pengawas, kamera night-vision dan 50 radar.

Dinding serupa sebelumnya juga telah dibangun oleh Saudi pada September 2003 di wilayah perbatasannya dengan Yaman. Namun ketika dinding sudah terbangun sepanjang 75 kilometer, proyek itu terhenti pada Februari 2004 akibat protes keras dari pemerintah Yaman yang menganggapnya sebagai pelanggaran terhadap perjanjian perbatasan tahun 2000.

Banyak laporan yang menyebutkan bahwa Saudi adalah salah satu negara Arab yang paling getol mendukung dan mendanai para teroris di Suriah dan Irak, termasuk ISIS. Namun demikian, kini justru Saudi menjadi negara yang paling waswas dan panik terhadap ancaman bahaya ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL