قوة كبيرة من الحشد الشعبي تتجه لفك الحصار عن "آمرلي" بالعراقBaghdad, LiputanIslam.com – Pasukan relawan dalam jumlah besar dilaporkan telah bergerak menuju kota kecil Amirli, 90 kilometer timur Tikrit, provinsi Salahuddin, Irak, untuk memerangi kawanan ekstrimis Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang mengepung Amirli dan mengancam keselamatan jiwa dan kehormatan penduduk setempat yang mayoritas bersuku Turkaman dan bermazhab Syiah. Selain itu, puluhan anggota ISIS yang mengepung kota itu diterjang serangan udara.

“Pasukan relawan dalam jumlah besar telah bergerak maju untuk membuyarkan kepungan terhadap kawasan Amirli, distrik Tuz Khurmato. Pasukan relawan itu akan bertahan di sekitar Amirli untuk mengamankan jalur dari gangguan kelompok bersenjata dan bom-bom yang dipasang di bahu jalan,” ungkap seorang narasumber di provinsi Salahuddin kepada lembaga pemberitaan Irak al-Sumaria Rabu kemarin (27/8).

Hal yang sama juga dinyatakan kelompok relawan yang menamakan dirinya Brigade al-Salam. Mereka bahkan mengaku sudah tiba di lokasi yang berjarak 17 kilometer dari kota Amirli dan telah disiapkan pula strategi bersama seluruh pasukan untuk membuyarkan kepungan.

“Brigade al-Salam bersama pasukan keamanan dan pasukan relawan lainnya sore hari ini telah tiba di sekitar Amirli dan berada di lokasi yang berjarak 17 kilometer dari kota ini, dan sudah dipersiapkan strategi bersama yang solid untuk membuyarkan kepungan dalam dua hari ke depan. Pemecahan kepungan ini tidak memerlukan waktu lama,” kata kepala bidang informasi Brigade al-Salam Abu Shams al-Aqili.

Kota Amirli dikepung ISIS sejak sekitar dua bulan lalu. Pemerintah telah mengirimkan bantuan bahan makanan dan perlengkapan perang kepada penduduk setempat melalui helikopter.

Sementara itu, beberapa laporan menyebutkan puluhan anggota ISIS tewas di berbagai kawasan Irak.

Di sekitar kawasan Amirli sendiri, 34 anggota ISIS tewas dan puluhan kendaraan mereka hancur digempur pasukan udara, sedangkan di kota Tikrit juga ada puluhan militan ISIS tewas diterjang serangan udara terhadap beberapa bangunan yang menjadi tempat konsentrasi kawanan teroris tersebut .

Di kawasan sebelah timur kota Fallujah, provinsi Anbar, 22 anggota ISIS tewas dan tiga kendaraan mereka hancur dalam kontak senjata dengan Divisi Reaksi Cepat Irak. Sedangkan di kawasan utara Fallujah, 18 teroris ISIS juga menemui ajalnya akibat gempuran pasukan keamanan di kawasan al-Sajar. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL