al-abadi-iraqBaghdad, LiputanIslam.com – Perdana Menteri Irak Haider Abadi memastikan banyak anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang sudah terbasmi dari muka bumi, dan negaranya masih tetap gencar memerangi organisasi para ekstrimis takfiri tersebut. Bersamaan dengan dilaporkan bahwa puluhan anggota ISIS tewas dihantam serangan udara di barat kota Mosul dan enam anggota pasukan relawan Irak juga tewas terkena ledakan peluru mortir di selatan kota Tikrit.

“Angkatan bersenjata kami sudah lama berhasil memegang inisiatif dan telah berada dalam posisi ofensif,” katanya, sebagaimana dikutip lembaga pemberitaan Irak al-Sumaria, Senin (7/10).

Dia menambahkan, “Pengaruh ISIS sudah mengalami penyusutan besar di muka bumi berkat perjuangan aparat keamanan Irak serta serangan pesawat tempur tentara Irak dan koalisi internasional. Perang akan terus berlangsung dan tidak akan pernah berakhir kecuali dengan kemenangan bangsa Irak atas organisasi-organisasi teroris.”

Dia berjanji akan memulangkan para pengungsi ke kampung halaman mereka dalam waktu dekat. Menurutnya, semua orang kini sudah mengetahui keburukan ISIS dan upayanya menebar fitnah di antara sesama bangsa Irak.

“Kami ingin menjaga kerekatan antargolongan dan agama, kami tidak menerima penindasan terhadap kelompok minoritas apapun di Irak,” tandasnya sembari menekankan bahwa Irak tidak mungkin dapat dibebaskan tanpa pengorbanan.

Sementara itu, berbagai sumber dinas kesehatan dan para saksi mata di kota Mosul, Irak utara, Senin kemarin mengatakan bahwa sedikitnya 25 anggota ISIS tewas diterjang serangan udara di pinggiran kota ini. Tidak jelas serangan udara itu dari pihak pasukan Irak atau pasukan koalisi internasional.

Mengutip keterangan penduduk setempat, AFP melaporkan beberapa jet tempur telah menggempur tiga posisi ISIS, masing-masing di bagian barat kota Mosul, di sebuah kawasan dekat desa Aski Mosul dan di kota kecil Zumar yang terletak di 70 kilometer barat laut Mosul dekat kota Badush.

Sumber-sumber dinas kesehatan Mosul mengatakan sebanyak 25 mayat anggota ISIS telah dilarikan ke kamar mayat di rumah sakit kota ini.

Di bagian lain, Komandan Operasi Anbar Irak, Letjen Rashid Falif, mengatakan satu komandan senior ISIS bernama Emad Karim Aziz Mohammad tewas dalam pertempuran di kawasan al-Jazirah dekat kota Ramadi.

Sebelumnya, satu komandan senior lainnya yang bernama Shakir Wahib juga dikabarkan tewas bersama beberapa para pendampingnya di sebuah kawasan dekat Kabisah di bagian barat provinsi Anbar.

Laporan lain dari al-Sumaria menyebutkan serangan bom bunuh diri mengguncang sebuah kawasan di selatan kota Tikrit mengakibatkan sedikitnya enam anggota relawan meninggal dunia dan 14 lainnya cidera.

Serangan yang dilakukan oleh pengendara mobil itu terjadi di kawasan bersejarah Sour Shenas, 40 kilometer selatan Tikrit pada Senin sore kemarin. Sebelumnya, masih di selatan kota ini, tujuh relawan menderita luka-luka terkena ledakan peluru mortir. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL