Displaced families from the minority Yazidi sect, fleeing the violence in the Iraqi town of Sinjarl west of Mosul, arrive at Dohuk provinceBaghdad, LiputanIslam.com – Wakil pemerintah semi-otonomi Kurdistan Irak urusan pengungsi Nouri Usman Sinjari menyatakan pasukan Kurdistan Irak, Peshmerga, berhasil membebaskan 200 warga penganut sekte Yazidi dari cengkraman pasukan teroris kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“200 orang yang sebelumnya telah ditawan ISIS ini berhasil dibebaskan oleh pasukan Peshmerga dan satuan-satuan pasukan perlindungan Sinjar yang terdiri atas pasukan relawan Yazidi,” ungkap Sinjari, sebagaimana dilansir al-Youm al-Sabea, Ahad (3/11).

Dia menjelaskan bahwa tawanan ISIS itu terdiri atas 70 perempuan, 50 anak kecil, dan 80 lansia, pemuda dan remaja. Mereka berhasil dibebaskan dalam operasi militer di kawasan Zumar dan Sinjar, dan sekarang sudah berada di bawah perlindungan pasukan Kurdi di wilayah Kurdistan.

Menurutnya, proses pembebasan itu berjalan dengan sangat sulit dan pelik.

“Ada banyak orang yang terlibat kerjasama dan memberikan bantuan di dalam dan luar wilayah Kurdistan untuk pembebasan para sandera itu,” katanya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL