mesir sufismeKairo, LiputanIslam.com – Persatuan Tarekat Sufi Mesir menggelar konferensi bertema “Pembaharuan Retorika Keagamaan” dihadiri antara lain oleh para pemikir dan ulama Universitas al-Azhar, Sabtu (14/2/2015).

Menurut laporan Alalam Ahad (15/2/2015), mereka membahas upaya menanggulangi faham-faham takfiri (pengafiran sesama Muslim yang tak sependapat) dan kelompok-kelompok teroris serta menggalang pendekatan antarmazhab Islam dan persatuan untuk melawan rencana-rencana kotor Barat dan kelompok-kelompok takfiri.

Untuk membenahi retorika keagamaan, para wakil tarekat-tarikat sufi serta pemikir dan ulama al-Azhar sepakat bahwa sekarang sangat diperlukan upaya penanggulangan faham takfiri melalui pendekatan antarmazhab Islam dan pembentukan front yang terpadu di depan kelompok-kelompok teroris.

Pakar strategi Ahmad Shauqi al-Hanafi mengatakan, “Organisasi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah mencemarkan citra semua komunitas masyarakat Islam sehingga harus diperangi oleh seluruh dunia Islam dengan kekuatan otot karena besi tidak akan hancur kecuali dengan besi.”

Sementara itu, Ala Abu al-Aza’im, guru tarekat al-Azmiyyah Mesir, mengatakan ada sesuatu yang cacat dalam retorika keagamaan pada seluruh umat Islam. Menurutnya, channel-channel televisi berbasis satelit tidak lepas dari dua kelompok.

“Satu adalah Wahabi yang membantu terbentuknya ISIS, dan yang lain adalah Syiah yang diperangi oleh channel-channel Wahabi yang menganggap Syiah sebagai kafir,” katanya.

Menurutnya, semua lembaga pemerintah Mesir bersatu memerangi terorisme. Dia menambahkan bahwa kalangan gerejapun turut memberikan pencerahan kepada umat Kristiani supaya membedakan antara aksi kelompok-kelompok bersenjata yang mengangkat slogan-slogan keagamaan di satu pihak dan ajaran Islam yang benar di pihak lain.

Kalangan gereja bahkan juga menuduh pihak-pihak Barat sebagai penyokong kelompok-kelompok teroris tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL