Kobane, LiputanIslam.com – Para pejuang Kurdi di kota Ain al-Arab atau Kobane, Suriah, dilaporkan terus mengalami kemajuan dalam perang melawan pasukan teroris kelompok takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang berusaha menguasai kota berpenduduk Kurdi di dekat perbatasan Turki tersebut.

Sumber-sumber lokal, sebagaimana diberitakan PressTV, Sabtu (15/11) menyatakan bahwa para petempur Kurdi Suriah berhasil membebaskan beberapa desa di sekitar perbatasan utara Kobane. Mereka juga dapat mendesak mundur kawanan bersenjata ISIS dari kubu-kubu pertahanannya di bagian timur dan selatan kota. Selain itu, milisi Kurdi juga dapat memblokir salah satu rute utama pengiriman bantuan ISIS.

Pertempuran sengit masih terus berkecamuk di beberapa area yang telah dibebaskan, terutama di kawasan antara Kobane dan desa Halanj.
Sementara itu, pasukan koalisi internasional anti ISIS pimpinan Amerika Serikat telah melancarkan beberapa kali serangan terhadap posisi-posisi ISIS di sekitar Kobane.

Idris Nassan, pejabat lokal Kobane belum lama ini mengatakan bahwa pasukan Kurdi Kobane yang dibantu pasukan Kurdistan Irak, Peshmerga, yang masuk ke kota ini pada 31 Oktober lalu berhasil merebut kembali bukit strategis Mistanour dan jalan yang melintas di sepanjang sisi bukit.

Laporan lain dari Alalam menyebutkan bahwa Lembaga Pemantau HAM Suriah Ahad (16/11) menyatakan bahwa jumlah korban tewas dalam pertempuran di Kobane sejak kota ini diserang ISIS pada 16 September lalu sampai sekarang mencapai 1,153 orang.

Menurut LSM yang berbasis di Inggris ini, korban tewas sebagian besar berasal dari pihak ISIS, yaitu 712 orang, dan situasi di lapangan kini dikendalikan oleh pihak Kurdi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL