mobil isis dibomBaghdad, LiputanIslam.com – Komando Operasi Baghdad Senin kemarin (9/3/2015) mengumumkan pihaknya berhasil merebut kembali banyak wilayah di kota al-Karmah di timur kota Fallujah, provinsi Anbar, melalui operasi selama empat hari yang menewaskan sebanyak 350 anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Juru Bicara Komando Operasi Baghdad Brigjen Saad Maan kepada al-Sumaria News mengatakan, “Operasi yang berlangsung di al-Karmah selama empat hari lalu telah menghasilkan terbunuhnya 350 teroris dan hancurnya 20 senapan mesin dan 20 unit kendaraan.”

Dia juga mengatakan bahwa operasi itu berhasil menjinak 382 bom, mengatasi 81 unit rumah berbahan peledak, menyita 12 senapan mesin dan tiga unit mobil Hummer serta menghancurkan sembilan unit kendaraan pengangkut teroris dan 37 sarang dan tempat persembunyian teroris.

Sehari sebelumnya Komando Operasi Baghdad mengumumkan pasukan Irak berhasil menguasai sepenuhnya gerbang utara di timur kota Ramadi.

Komandan Operasi al-Jazirah dan al-Badiyah Mayjen KadhimDabus Senin kemarin menyatakan pihaknya berhasil membuka jalur antara pangkalan Ain al-Assad dan kota al-Baghdadi dan distrik Haditha di bagian barat provinsi Anbar.

Dia juga menyebutkan bahwa bantuan kemanusiaan sebanyak 350 ton dari ulama panutan (marji’) di Najaf telah tiba di tujuan.
Sebuah sumber dewan tokoh adat provinsi Salahuddin mengatakan bahwa ISIS telah menutup jembatan al-Fathawah di timur laut distrik Baiji, 40 km utara Tikrit, di depan warga pengungsi kota al-Alam dan desa Rubaidah di timur Tikrit.

Menurutnya, puluhan anggota ISIS kabur melalui jembatan itu menuju distrik Huwaijah karena khawatir pasykan Irak bergerak mengejar mereka dari kota al-Alam dan kawasan timur kota Tikrit.

Gubernur Provinsi Salahuddin Raed al-Jaburi Senin kemarin mengumumkan bahwa pasukan Irak, relawan al-Hasyd al-Sakbi dan pasukan adat telah memasuki pusat kota al-Alam di timur Tikrit.

Bersamaan dengan ini, sumber keamanan Salahuddin mengatakan bahwa pasukan keamanan yang didukung al-Hasyd al-Syakbi telah membebaskan gedung telekomunikasi di pusat kota al-Alam serta mengibarkan bendera Irak di atasnya. Selain itu pasukan dan relawan itu juga telah membebaskan sumur-sumur minyak dan sebuah desa di timur laut Tikrit, sementara beberapa pesawat tempur Irak menghancurkan konvoi ISIS yang terdiri atas 50 mobil ISIS di utara Tikrit.

Perdana Menteri Irak Haeder Abadi mengucapkan selamat kepada rakyat , tentara, relawan dan warga suku atas kemenangan pasukan gabungan Irak. Dia menegaskan bahwa kemenangan final sudah dekat .

Menurutnya, dunia sedang menyaksikan perjuangan Irak melawan teroris ISIS dengan penuh takjub. Dia juga mengingatkan kepada semua seluruh elemen bangsa Irak supaya memperkuat tali persatuan dengan spirit kecintaan kepada Irak, bukan sektarianisme sempit.

Iran Ucapkan Selamat

Pemerintah Iran juga turut mengucapkan selamat kepada bangsa Irak atas kemenangan gemilang pasukan Irak dalam perang melawan kawanan teroris ISIS di Tikrit dan provinsi Salahuddin secara umum.

“Terbebaskannya Tikrit dari cengkraman teroris akan membuka jalan bagi pembebasan kota Mosul dan berbagai kawasan Ahlussunnah lain di Irak dari cengkraman kelompok-kelompok teroris dan takfiri,” ungkap Wakil Menteri Luar Negeri Irak Urusan Arab dan AfrikaHossein Amir Abdollahian, sebagaimana dilansir lembaga pemberitaan Iran Fars, Senin kemarin.

Dia menambahkan bahwa penumpasan teroris merupakan tindakan urgen bagi keamanan regional, dan Iran “berdiri kokoh di sisi negara-negara yang gigih menghadapi ancaman terorisme.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*