isis-raqqa-syriaBaghdad, LiputanIslam.com – Komandan kepolisian Fallujah, Irak, Brigjen Faisal al-Zubai’i, menyatakan bahwa orang kedua kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas di wilayah selatan provinsi Anbar, Selasa kemarin (28/10).
“Pasukan keamanan bersama pasukan adat telah melancarkan operasi di sekitar kawasan Amiriah, Fallujah, dan berhasil menewaskan sejumlah besar anggota ISIS, satu di antaranya teroris bernama Solah al-Zubai’i,” katanya, sebagaimana dilansir al-Sumaria.

Dia menambahkan, “Penjahat ini merupakan orang nomor dua setelah Abu Bakar al-Baghdadi di negara ini. Kini terjadi ketakutan besar di tengah para anggota ISIS menyusul terbunuhnya Solah al-Zubai’i.”

Dalam pertempuran di Amiriah, sebanyak 90 anggota ISIS tewas di tangan pasukan Irak yang didukung oleh pasukan kelompok-kelompok adat sepanjang Selasa kemarin.

Bulan lalu, orang nomor dua ISIS bernama Abu Muadz dan tiga asistennnya juga tewas di tangan pasukan Irak di sebuah lokasi di utara kota Hillah.

Pasukan ISIS Kabur dari Baiji

Seorang narasumber kepolisian provinsi Salahudin menyatakan bahwa para anggota ISIS keluar secara massal dari distrik Baiji di utara Tikrit bersamaan dengan semakin dekatnya pasukan Irak ke distrik tersebut.

Narasumber yang meminta tidak disebutkan namanya itu mengatakan kepada al-Sumaria bahwa kawanan ISIS kabur ke arah distrik al-Shirqat, 120 km utara Tikrit, sementara pasukan keamanan Irak bergerak secara perlahan akibat banyaknya ranjau dan bom yang dipasang ISIS di sepanjang jalan untuk menghambat gerak maju pasukan Irak.

Sebelumnya, gubernur Salahudin Ibrahim al-Jabouri mengatakan bahwa pasukan keamanan sudah berada di jarak 2 km dari distrik Baiji dan terus mencetak prestasi dalam menjalankan misinya.

Tiga Teroris Asal Cina Tewas

Tiga teroris ISIS asal Cina tewas terkena serangan udara dan dikubur di kawasan al-Rashad. Seorang narasumber keamanan Irak saat melaporkan kejadian itu mengatakan bahwa para teroris asal Cina sebagian besar berada di beberapa kota yang dikuasai ISIS, yaitu al-Huwaijah, al-Riyadh, al-Rashad dan beberapa kawasan pedesaan Daquq.

Dia menambahkan para teroris dari 12 negara berperang dengan tentara dan relawan Irak di beberapa kawasan di bagian barat daya provinsi Kirkuk.

Desa al-Rafush Bebas, 60-an Anggota ISIS Tewas

Pasukan keamanan Irak berhasil membebaskan kawasan al-Rafush di barat kota Baghdad dan mengibarkan kembali bendera Irak di sana setelah menjalankan operasi pembersihan yang berhasil menewaskan lebih dari 50 anggota ISIS.
Dalam peristiwa lain, 16 anggota ISIS juga menemui ajalnya dalam pertempuran dengan pasukan Irak di kawasan al-Mal’ab di Ramadi, ibu kota provinsi Anbar.

Sementara itu, koran al-Hayat terbitan London mengutip keterangan beberapa sumber di Mosul melaporkan bahwa kontrol ISIS terus melemah di kota ini akibat gencarnya serangan terhadap mereka dan banyaknya tenaga ahli mereka yang terbunuh. Karena itu, mereka meminta balabantuan dari rekan-rekan mereka yang berkonsentrasi di Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL