Noam-ChomskyNewYork, LiputanIslam.com – Ilmuwan, filsuf dan aktivis Amerika Serikat (AS) Noam Chomsky menyebut kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan “jihadisme radikal” sebagai hasil kreasi AS sendiri. Menurut laporan PressTV Rabu (15/10), hal ini dinyatakan Choamsky dalam wawancara dengan lembaga pemberitaan Truthout yang sebenarnya sudah dipublikasikan pada tanggal 1 Oktober lalu.

“Kemunculan ISIS dan secara umum merebaknya jihadisme radikal adalah perkembangan yang cukup alami dari penggunaan palu godam Washington pada masyarakat Irak yang rapuh,” ungkapnya.

Dia menambahkan, “Situasi yang ada merupakan bencana bagi AS, tapi ini adalah hasil invasinya. Salah satu konsekuensi suram agresi AS-Inggris ialah tersulutnya konflik sektarian yang kini menyebabkan Irak tercabik-cabik dan telah merebak ke seluruh kawasan dengan konsekuensi yang mengerikan.”

Mengenai serangan pasukan koalisi pimpinan AS terhadap ISIS di Suriah yang dilakukan tanpa persetujuan dan kerjasama dengan pemerintah Damaskus, dia mengatakan, “Tak diragukan, ini merupakan pelanggaran terhadap Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang merupakan fondasi undang-undang modern internasional.”

Menurut Choamsky, ISIS masih terlihat mendapat dukungan dana dari orang-orang kaya di Arab Saudi, negara yang juga disebutnya sebagai tempat ideologi takfiri ISIS mengakar. Dia juga menyebut Saudi sebagai negara “yang paling radikal” di dunia serta menjadi sumber dana utara kelompok-kelompok teroris takfiri.

“Saudi menggunakan kakayaan minyaknya untuk menyebar luaskan doktrin esktrim Wahabi/Salafi dengan mendirikan sekolah-sekolah, masjid-masjid dan cara-cara lain,” katanya.

Choamsky mengaku sependapat dengan penulis dan mantan pejabat dinas rahasia AS, CIA, Graham Fuller, yang belum lama ini menyebut AS sebagai salah satu “kreator kunci” kelompok teroris ISIS dan hasil dari invasi militernya terhadap Irak pada tahun 2003. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL