rusia Nezavisimaya GazetaMoskow, LiputanIslam.com – Harian Nezavisimaya Gazeta terbitan Moskow, Rusia, menilai Arab Saudi dan Amerika Serikat (AS) sebagai arsitek utama munculnya fenomena kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), demikian dilaporkan situs al-Mayadeen yang berbasis di Beirut, Lebanon, Jumat (22/8).

Dalam artikelnya yang berjudul “ISIS, Organisasi Teroris Paling Berbahaya di Dunia” koran berbahasa Rusia itu menuliskan, “Deklarasi ISIS oleh para pengikut jaringan al-Qaeda di Irak setelah invasi AS ke negara ini sekarang telah menjadi sebab utama pecahnya konflik bernuansa sektarian dan keagamaan. Tapi masalah ini tidak lahir dari ruang hampa, melainkan memang terdapat rencana-rencana untuk mengacaukan stabilitas di kawasan, khususnya di Suriah, dan belakangann diketahui bahwa Arab Saudi dan AS adalah arsitek utama pendekatan yang telah dijalankan oleh Duta Besar Amerika untuk Lebanon Jeffrey D. Feltman yang kini menjabat sebagai petinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Ketua Badan Intelijen Arab Saudi, Bandar bin Sultan, serta adanya peran Qatar yang tak dapat disepelekan.”

Nezavisimaya Gazeta lantas menyebutkan soal sepak terjang Barat belakangan ini untuk membasmi kanker ISIS bagi Timur Tengah.

Koran independen Rusia ini menyebutkan, “Jelas bahwa penyembuhan dan pembasmian fenomena kanker terorisme ini hanya bisa dilakukan melalui aliansi Barat dengan beberapa organisasi Islam yang dewasa ini telah menyadari bahaya ISIS. Pada gilirannya, aliansi ini bisa jadi dapat menangkal ancaman ISIS terhadap sebagian besar kawasan Arab, terutama karena Bgahdad dan Damaskus tidak dapat membasmi organisasi teroris ini tanpa dukungan luar negeri. Namun demikian, hal yang lebih penting dari semua itu ialah penghentian dukungan kepada ISIS dan organisasi-organisasi semisalnya yang selama ini diberikan oleh sejumlah negara untuk menjatuhkan rezim-rezim yang pandangan politiknya berbeda dengan mereka.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL