palestina mufti al-qus syekh m husseinBaitulMaqdis, LiputanIslam.com – Mufti Agung Baitul Maqdis Syeikh Mohammed Hussein menyebut tindakan kelompok ekstrimis Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah mencoreng citra Islam dan berbahaya bagi bangsa-bangsa Arab dan seluruh umat Islam.

‘Salah satu bahaya itu ialah adanya orang yang mengira bahwa apa yang dilakukan oleh sebagian kelompok itu memang atas nama Islam, padahal kenyataannya jauh sekali dari Islam,” ungkap Syekh Hussain, sebagaimana dilansir situs Okaz yang berbasis di Arab Saudi, Ahad (14/9).

Menurutnya, kelompok-kelompok teroris itu berusaha menanamkan pada bangsa-bangsa Arab faham keagamaan dan politik yang sudah tercemar, dan di belakang kelompok-kelompok itu adalah pihak-pihak musuh telah mendanainya.

Syeikh Hussein menyerukan kepada segenap umat Islam supaya kembali kepada sumber-sumber agama dan akidah mereka yang jernih serta menjadikannya sebagai referensi dalam menghukumi segala peristiwa yang terjadi di gelanggang dunia Arab dan Islam apabila mereka memang menghendaki kebangkitan agama dan nilai-nilai Islam yang hakiki bagi bangsa dan negeri masing-masing yang sedang menjadi sasaran upaya perpecahan.

Dia mengingatkan adanya pihak-pihak tertentu yang sengaja memanfaatkan kelompok-kelompok itu untuk mencoreng citra Islam. Karena itu dia meminta umat Islam agar menggalang kewaspadaan intelektual dan kultural terhadap semua gerakan itu agar tidak mewabah di tengah masyarakat.

Dia menambahkan bahwa di tengah umat Islam sedang terjadi upaya adu domba bermotif mazhab, sektarianisme, etnik dan lain-lain sehingga umat harus meneropong semua upaya kotor tersebut.

Dia meminta supaya segenap pihak yang berkompeten segera melakukan upaya-upaya pencerahan kepada anak-anak muda Islam demi melindungi mereka dari keterjerumusan pada klaim-klaim besar dan absurd tentang pendirian pemerintahan dan kekhalifahan Islam. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL