konvoi-isis-di-mosulMosul, LiputanIslam.com –  Belum dimulai perang, kelompok teroris takfiri ISIS dikabarkan sudah menyiarkan kejatuhan mentalnya di Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, Irak Utara.

Aktivis hukum Khalid al-Dulaimi, salah satu anggota ormas kepemudaan Nineveh, Minggu (16/10/2016), kepada Sputnik milik Rusia mengatakan, “Organisasi teroris ISIS telah mengumandangkan seruan melalui pengeras suara salah satu masjid di sisi kanan Mosul kepada para anggota dan komandannya supaya mundur.” (Baca: Wow, PM Irak “Bunyikan Lonceng” Pembebasan Mosul)

Menurutnya, seorang khatib ISIS menyatakan bahwa kelompok ini akan mundur dari Mosul “karena muncul indikasi adanya kemufikan dalam kota ini”.

“Barang siapa menghendaki Negara Islam (ISIS) dan kekhalifahan maka dia harus mundur bersama kami,” bunyi seruan itu.

Sebelumnya juga sudah tersiar kabar pelarian para komandan dan keluarga anggota ISIS ke Suriah. (Baca: Operasi Pembebasan Mosul Dikabarkan Dimulai Hari Ini)

Al-Dulaimi mengatakan bahwa sebagian besar anggota ISIS sudah menghilang dari jalanan kota Mosul. Dia memperkirakan bahwa orang-orang yang bergabung dengan kelompok ini hanya supaya bisa ikut aksi penjarahan, pencurian, dan penghancuran akan segera menarik diri dari ISIS sebelum identitasnya diketahui oleh pasukan Irak melalui warga yang digunakan ISIS sebagai tameng hidup, sedangkan mereka yang sudah jauh tertipu oleh ISIS akan tetap bertahan bersama gerombolan ini. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL