isis anbarBaghdad, LiputanIslam.com – Ketua Dewan Provinsi Anbar, Irak bagian barat, Sabah al-Karhut, mengatakan bahwa sebanyak 18 unit helikopter Apache mulai dioperasikan untuk menggempur posisi-posisi pasukan kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), sementara 180 personil militer Amerika Serikat (AS) sedang melatih seribu warga suku-suku setempat di pangkalan Ain al-Asad, provinsi Anbar, untuk memerangi ISIS.

“18 unit helikopter Apache telah memulai misi perangnya untuk menggempur para teroris ISIS di Anbar dan menghancurkan tempat-tempat persembunyian dan posisi-posisi kelompok ini,” ungkap al-Karhut dalam wawancara dengan Fars News Agency (FNA), Kamis (13/11).

Menyinggung keberadaan 180 personil militer AS di provinsi Anbar, al-Karhut mengatakan, “Sekitar 1000 petempur kelompok-kelompok suku sedang dilatih di pangkalan Ain al-Asad, dan dalam beberapa hari mendatang kami akan menggerakkan mereka untuk pembebasan kota Hit dan beberapa kawasan lainnya.”

Secara terpisah, Wisam al-Hirdan, Ketua Dewan Kebangkitan Irak mengatakan kepada FNA bahwa ISIS berhasil ditekan di Anbar.

“ISIS tidak dapat lagi melakukan serbuan mendadak, aksi-aksi aparat keamananpun dilancarkan berdasarkan strategi militer, dan para komandan ISIS telah melarikan keluarganya dari provinsi Anbar ke Suriah karena takut mendapat serangan,” katanya.

Aparat keamanan Irak bersama pasukan pemberantasan terorisme dan satuan-satuan pasukan khusus sudah ditempatkan di lokasi dekat Hit dan didukung oleh  pasukan adat suku Albu Nimr dan suku-suku lain serta relawan yang berjumlah hampir 3,000 orang.
Misi utama mereka ialah membebaskan kota Hit dan pembersihan kawasan sekitar Haditha yang dikepung oleh ISIS.

Sejak beberapa waktu lalu ISIS berusaha memasuki Haditha namun mendapat perlawanan sengit dari pasukan keamanan yang berada di kota itu. Jalur bantuan ISIS di barat kawasan ini membentang ke perbatasan Suriah, sementara pasukan udara Irak melancarkan serangan untuk memutus jalur tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL