bom masjid syiah kuwaitKuwaitCity, LiputanIslam.com – Sedikitnya 24 orang terbunuh dan 50 lainnya luka-luka terkena serangan teror bom di Masjid Imam Jakfar Shadiq ra milik warga Muslim Syiah di ibu kota Kuwait, Jumat (26/6). Ledakan terjadi saat jemaah sedang menunaikan ibadah shalat Jumat.

Kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyatakan bertanggungjawab atas serangan teror tersebut. Mereka menyatakan korban yang terbunuh mencapai puluhan orang.

Dalam sebuah penggalan rekaman video ponsel yang diposting di media sosial dan dimuat di situs Alalam terlihat warga yang berjubah serba putih panik di depan masjid tersebut usai kejadian, sementara mobil pemadam kebakaran disiagakan dan warga yang selamat berusaha menolong warga yang terbunuh dan cidera.

Pada penggalan berikutnya terlihat bagian dalam masjid yang remang akibat tertutup kabut debu, sementara beberapa jamaah yang berada di dalam masjid tampak sedang berusaha mengevakuasi korban yang bersimbah darah di antara serpihan material yang berserakan di atas karpet.

Kantor berita Kuwait, KUNA, memberitakan bahwa Emir Kuwait Syeikh Jaber al-Ahmad al-Sabah segera mendatangi lokasi peristiwa dan meminta supaya pelaku segera diidentifikasi dan diringkus. Dia juga sempat beraudiensi dengan para korban luka.

Beberapa anggota parlemen Kuwait juga datang ke lokasi dan mengimbau masyarakat supaya tetap menjaga ketenangan dan melimpahkan kasus ini kepada aparat yang berwenang.

Menteri Pengadilan dan Urusan Islam, Yaqoub al-Sanea, mengatakan, “Ini merupakan aksi teroris dan kejahatan yang mengancam keamanan negara kita serta ditujukan terhadap persatuan nasional kita.”

CNN melaporkan bahwa serangan teror bom mematikan juga terjadi di Tunisia dan Perancis pada hari yang sama. Teror di Tunisia yang terjadi di sebuah hotel di sisi pantai mengakibatkan sedikitnya 27 orang meninggal dunia, sedangkan di Perancis seorang pria telah menabrakkan mobil ke sebuah bangunan yang ditinggali oleh pemilik sebuah perusahaan Amerika. Pelaku meninggalkan sebuah mayat tanpa kepala serta sebuah pesan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL