isis eksekusi 6Baghdad, LiputanIslam.com – Keganasan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kembali menimpa suku Sunni Irak Albu Nimr di provinsi Anbar, sementara ratusan ribu peziarah makam Husain bin Ali bin Thalib terus mengalir masuk ke kota Karbala untuk peringatan Asyura (peringatan tragedi terbunuhnya Husain, cucu Nabi saw, di padang Karbala di tangan penguasa lalim pada tahun 61 H) .

Syeikh Naim al-Ka’ud, salah satu tokoh suku Albu Nimr Senin (3/11) mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa Ahad lalu (2/11) ISIS mengeksekusi sedikitnya 36 orang lagi warga suku Albu Nimr, empat di antaranya perempuan dan tiga anak kecil sehingga jumlah korban pembantaian ISIS terhadap warga suku ini dalam beberapa hari terakhir menjadi hampir 500 orang.

Laporan lain dari situs pemberitaan Irak Almaalomah menyebutkan bahwa Ketua Dewan Penyelamat Provinsi Anbar, Irak, Haidar al-Hayes, menyatakan sebanyak lebih dari 50 komandan dan anggota senior ISIS tewas dan sejumlah besar lain cidera di kawasan Amiriah di kota Fallujah. Menurut Almaalomah, hal tersebut dinyatakan al-Hayes dalam statusnya di Facebook.

Dia menjelaskan bahwa puluhan anggota ISIS itu tewas dalam peristiwa serangan tentara Irak dan yang didukung relawan suku Albu Aisi terhadap salah satu markas ISIS di sisi Sungai Eufrat.

“Mereka kalah dan para pendukung mereka juga kalang kabut,” tulis al-Hayes.

Sementara itu, ratusan ribu peziarah dari dalam dan luar negeri Irak terus mengalir ke kota Karbala untuk mengikuti peringatan Asyura.
Sumber-sumber Irak menyebutkan bahwa jumlah peziarah yang datang berbondong –bondong dalam bentuk konvoi demi konvoi mencapai lebih dari 1,500 rombongan. Mereka datang sambil melantunkan slogan-slogan anti sektarianisme dan menyerukan persatuan nasional Irak dengan semua golongan dan sukunya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL