Foto: Press TVBaghdad, LiputanIslam.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Irak Ahad (9/11) merilis statemen memastikan bahwa pemimpin kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi terluka akibat serangan pasukan keamanan Irak.

Sebagaimana dilaporkan TV resmi Irak, al-Iraqiya, yang dikutip lembaga pemberitaan al-Sumaria, Kemdagri Irak menyatakan al-Baghdadi menderita luka-luka dan beberapa petinggi ISIS lainnya tewas diserang pasukan keamanan dari kelompok “Elang Intelijen”.

“Kelompok Elang Intelijen telah melancarkan serangan terhadap sebuah perkumpulan yang di dalamnya terdapat teroris Abu Bakar al-Baghdadi sehingga dia menderita luka-luka dan beberapa pemimpin ISIS murtad lainnya tewas,” ungkap Kemdagri Irak.

Berita seputar kondisi al-Baghdadi masih simpang siur menyusul laporan mengenai peristiwa serangan pasukan koalisi internasional.
Sebelum keluar statemen Kemdagri Irak, TV Sky News bahasa Arab di hari yang sama melaporkan bahwa juru bicara ISIS Thaha Subhi alias Abu Mohammad al-Adnani di jejaring sosial Twitter menyatakan bahwa al-Baghdadi cidera akibat serangan udara di bagian Barat kota Mosul, Irak utara, dan dilarikan ke kawasan lain untuk mendapat perawatan.

Menurut sumber-sumber keamanan Irak, serangan udara pasukan koalisi terjadi di distrik al-Qaim di bagian barat provinsi Anbar dan telah menewaskan serta menciderai puluhan petinggi dan anggota ISIS, termasuk asisten pribadi al-Baghdadi.

Beberapa sumber juga melaporkan bahwa empat orang dokter spesialis telah diculik dari beberapa rumah sakit di Mosul dan dibawa ke lokasi tersembunyi. Sumber-sumber itu meyakini bahwa para dokter itu diculik untuk menyembuhkan al-Baghdadi yang menderita luka parah.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Inggris menyatakan bahwa Amerika Serikat memerlukan waktu beberapa hari untuk memastikan apakah al-Baghdadi tewas atau tidak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL