anti isisBeirut, LiputanIslam.com – Sebuah kelompok misterius dengan misi memburu nyawa anggota organisasi teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dilaporkan telah eksis belakangan ini dengan nama “Kafan Putih” (al-Kafan al-Abyad) dan sejauh ini berhasil menghabisi lebih dari 100 nyawa anggota ISIS.

“Para anggota Kafan Putih mendeteksi, mengintai dan pada saat yang tepat membunuh anggota ISIS. Merebaknya kondisi ini sangat mencemaskan para teroris ISIS,” ungkap lembaga Pengawas Hak Asasi Manusia (HAM) Suriah, sebagaimana dilansir TV al-Jadid, Lebanon, dan dikutip IRNA, Senin (20/10).

Lembaga yang berbasis di Inggris ini menyatakan bahwa Kafan Putih memiliki anggota sebanyak lebih dari 300 orang, dan salah satu cara mereka dalam berburu anggota ISIS ialah dengan memasang bom di jalan yang diperkirakan akan dilewati oleh konvoi ISIS.

Lembaga HAM Suriah menambahkan bahwa kelompok misterius bersenjata ini terbentuk di provinsi Deir al-Zor, Suriah, belakangan ini setelah ISIS menduduki sebagian wilayah provinsi ini dan sekitarnya. Misi utama mereka ialah membunuh para komandan ISIS di bagian timur Suriah.

Para anggota Kafan Putih sebagian besar berasal dari kota al-Bukamal yang terletak di wilayah perbatasan Suriah-Irak. Sedangkan nama Kafan Putih dipilih sebagai pesan bahwa kematian selalu mengintai para teroris anggota organisasi pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi tersebut.

Menurut Pengawas HAM Suriah, 80 persen anggota Kafan Putih tidak terlibat dalam perang, dan mereka berada di bawah komando seseorang bernama Abu Abud yang mengaku pernah ikut berperang melawan pasukan pemerintah Suriah, tetapi sekarang memilih berperang melawan ISIS. Dia melatih para anggotanya secara intensif dan bekerja dengan sangat rahasia.

Sebagaimana dilaporkan TV al-Jadid, harian Daily Mail terbitan Inggris menyebutkan bahwa meskipun Kafan Putih merupakan kelompok kecil dengan fasilitas yang terbatas namun sejauh ini telah berhasil mencetak banyak kemenangan sehingga menimbulkan ketakutan di tengah barisan pasukan ISIS, khususnya di al-Bukamal dan Deir al-Zor. Beberapa target serangan mereka selama ini adalah pangkalan utama ISIS di distrik al-Asharah serta pos-pos ISIS di provinsi Deir al-Zor dan kota Raqqah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL