turnado inggrisBaghdad, LiputanIslam.com – Kelompok teroris Khorasan yang berafiliasi dengan jaringan teroris al-Qaeda dilaporkan bergabung dengan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Bersamaan dengan ini, jet tempur Inggris untuk pertama kalinya ikut melancarkan serangan udara terhadap ISIS.

Harian al-Sharq al-Awsat Selasa kemarin (30/9) melaporkan, juru bicara resmi kelompok teroris Khorasan, Abu Dujanah al-Afghani, dalam sebuah rekaman audio mengumumkan bahwa pemimpin kelompok Khorasan, Abu Yazid Abd al-Qahir al-Khorasani, telah menyatakan baiatnya kepada pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.

Dalam rekaman itu al-Afghani meminta kepada al-Baghdadi supaya menerobos semua perbatasan yang ada untuk memerangi semua negara yang menentangnya.

Setelah kelompok Jund al-Khilafah, kelompok Khorasan adalah organisasi ekstrimis terbaru yang berbaiat kepada al-Baghdadi sejak ISIS berhasil menduduki beberapa kawasan di Irak dan Suriah serta membunuh ribuan orang di kawasan-kawasan itu secara massal.

Para pakar mengatakan kepada al-Sharq al-Awsat bahwa jumlah petempur ISIS membengkak dengan bergabungnya kelompok Khorasan.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Inggris Selasa kemarin mengumumkan bahwa untuk pertama kalinya jet tempur Turnado milik negara ini ikut menembakkan misilnya terhadap posisi-posisi ISIS di Irak. Kemhan Inggris menyatakan serangan itu dilakukan untuk membantu pasukan Kurdi, Peshmerga, di bagian barat laut Irak.

“Dua jet tempur TGR 4 Turnado dari RAF Akrotiri telah ditugaskan untuk membantu pasukan Kurdi yang diserang oleh teroris ISIS,” ujar Menhan Inggris Michael Fallon, sebagaimana dikutip Daily Mail, Rabu (1/10).

Dia menambahkan, “Keduanya telah mengidentifikasi dan menyerang posisi senjata berat yang membahayakan pasukan Kurdi, kemudian juga menyerang truk pickup bersenjata milik ISIS di lokasi yang sama. Keduanya kemudian kembali ke pangkalannya dengan selamat, dan penilaian awal menyebutkan bahwa kedua serangan itu sukses.”

Serangan ini merupakan yang pertama kalinya sejak Majelis Rendah Inggris Jumat lalu (26/9) menyetujui bergabungnya negara ini dengan koalisi militer internasional anti ISIS.

Beberapa sumber Inggris menyebutkan bahwa Inggris mengerahkan enam jet tempur Turnado yang ditempatkan di pangkalan udara Akrotiri, Republik Siprus, dan sejak Sabtu lalu sampai sekarang telah melakukan operasi identifikasi di angkasa Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL