isis eksekusi di sinjar

Foto: Teroris ISIS eksekusi penduduk kota Sinjar, Irak.

Baghdad, LiputanIslam.com – Wakil walikota distrik Sinjar di Irak utara, Maisar Haji Saleh, mengakhiri spekulasi yang merebak belakangan ini seputar jumlah warga desa Kojo di distrik Sinjar yang tewas dieksekusi oleh kelompok teroris yang menamakan dirinya Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), demikian pula jumlah perempuan dan anak kecil yang ditawan oleh kawanan radikal bersenjata tersebut pada Jumat lalu (15/8).

“ISIS telah melakukan aksi yang sangat kejam di Kojo pada awal hari Jumat kemarin. Sesuai data-data yang kami himpun dari para pemuka adat desa Kojo, sebanyak 413 warga usia 13 tahun ke atas telah dieksekusi, semuanya adalah warga Yazidi,” ujarnya kepada kantor berita Turki, Anadolu, Sabtu (16/8), sebagaimana dikutip Alalam, Ahad (17/8).

Dia menambahkan, “Selain itu, sebanyak 700 perempuan dan anak kecil usia 12 ke bawah telah ditawan, dan mereka semua juga warga Yazidi. Ada tujuh orang lolos dari pembantaian, dua di antaranya telah dianiaya dan lima lainnya tidak dianiaya. Berdasarkan informasi yang kami terima, mereka sudah berada di tempat yang aman di gunung Sinjar.”

Sebelumnya, berita yang tersiar mengenai jumlah korban eksekusi di desa yang berjarak 18 kilometer dari kota Sinjar itu menyebutkan angka yang simpang siur antara 70 hingga 250 orang. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL