ISIS-ilustrasiBeirut, LiputanIslam.com – Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), Minggu (17/1), menyatakan kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dalam serangannya ke kota Deir az-Zor di bagian timur Suriah pada Sabtu (16/1) telah menculik sedikitnya 400 warga sipil. Laporan lain menyebutkan bahwa dalam serangan itu ISIS telah membunuh 300 warga sipil.

“Di antara 400 warga sipil itu juga terdapat kaum perempuan dan anak-anak kecil,” ujar Direktur Eksekutif SOHR, Rami Abdulrahman, kepada AFP.

Dia menjelaskan bahwa ratusan orang yang diculik ISIS itu adalah penduduk distrik Baghiliyah dan kawasan sekitarnya di barat laut Deir az- Zor, dan mereka semua adalah warga Muslim Sunni yang beberapa di antaranya adalah keluarga para pejuang pro-pemerintah. Mereka dilarikan ke kawasan lain yang dikuasai ISIS.

“Ada kekuatiran yang tulus terhadap kehidupan mereka, ada ketakutan terhadap kemungkinan kelompok itu akan mengeksekusi mereka sebagaimana pernah dilakukan sebelumnya di kawasan lain,” imbuhnya.

Kantor berita Suriah, SANA, melaporkan bahwa ISIS telah membantai seikitnya 300 warga sipil dalam serangan tersebut.

Menurut laporan IRNA, di antara ratusan korban itu juga terdapat pasukan pro-pemerintah Suriah dan keluarga mereka.

Perdana Menteri Suriah Wael al-Halqi mengutuk serangan itu dan menyebutnya sebagai “pembunuhan massal biadab”. Dia juga menyatakan bahwa negara-negara Arab pendukung kelompok-kelompok teroris juga bertanggungjawab atas tragedi tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL