isis-bomb-vestsRaqqah, LiputanIslam.com – Berbagai pernyataan yang berasal dari dalam kota Raqqah, Suriah, yang dikuasai ISIS menyebutkan bahwa organisasi teroris takfiri ini mengalami krisis stok pelaku bom bunuh diri setelah puluhan anggotanya kabur atau setelah kelompok ini terbelah.

Para aktivis pemantau ISIS menyatakan bahwa kelompok ini sudah tidak sanggup meyakinkan orang-orang yang hendak mereka kirim untuk misi serangan bom bunuh diri.

ISIS mengalami perlawanan dari “Brigade Syuhada” yang menghimpun para calon pelaku bom bunuh diri, dan ini menjadi pukulan telak bagi jajaran elit pimpinan ISIS yang telah mempersenjatai warganegara asing untuk melancarkan serangan bom bunuh diri.

Sebagaimana dilaporkan Daily Mail, seorang narasumber yang menggunakan nama Abu Muhammad mengatakan bahwa belum lama ini di Raqqah terjadi ketegangan hebat di mana ISIS mengalami perpecahan yang sebagian besar terjadi di barisan calon pelaku serangan bom bunuh diri sehingga menjadi pukulan telak bagi kelompok ini.

Dia menambahkan bahwa anggota ISIS yang tertangkap ketika kabur dari lokasi pertempuran mendapat hukuman mati tanpa proses pengadilan. Menurutnya, ISIS telah mendirikan pos-pos pemeriksaan di jalan-jalan serta melakukan pemeriksaan ekstra ketat demi mencegah desersi personil pembawa misi serangan bom bunuh diri.

Sumber itu juga menjelaskan bahwa para pemimpin ISIS memilih warga negara asing sebagai calon pelaku bom bunuh diri karena mereka masuk ke Suriah tanpa bekal keahlian militer, sedangkan operasi serangan bom bunuh diri tidak memerlukan keahlian militer.

Mengutip keterangan para Aktivis, Daily Mail melaporkan bahwa ISIS mengalami kesulitan setelah kehilangan banyak wilayah kekuasaan mereka, apalagi setelah mereka berhasil dihalau dari kota Ain al-Arab (Kobane), Suriah.

Lebih jauh lagi, para aktivis mengatakan bahwa pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi dewasa ini bahkan berada dalam kondisi “makzul” dan ada kalangan yang menyerang tempat kediamannya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL