ISIS eksekusi penduduk saat menguasai Mosul, Irak.

Kirkuk, LiputanIslam.com – Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengekskusi 18 anggotanya sendiri yang diketahui telah membuat surat kepada pasukan Kurdistan Irak, Peshmerga, berisikan pernyataan untuk menyerah.

Media Kurdi BasNews Rabu (18/3/2015) melaporkan ISIS telah mengekskusi belasan petempurnya sendiri itu karena mereka berencana menyerah atau karena dianggap tidak becus dalam perang.

“Para militan itu adalah orang-orang Arab yang bergabung dengan ISIS setelah kelompok ini berhasil merebut kawasan yang kini mereka kuasai. Sejauh ini sudah ada lebih dari 10 anggota ISIS yang menyerah kepada Peshmerga di kawasan ini,” ungkap seorang narasumber Peshmerga di Kirkuk kepada BasNews.

Dalam beberapa hari terakhir Peshmerga berhasil mengalahkan pasukan ISIS di sekitar Kirkuk, termasuk mengusir mereka dari ladang-ladang minyak.

Hal ini terjadi bersamaan dengan ketidak berdayaan ISIS menghadapi serbuan tentara dan relawan Irak terhadap Tikrit, ibu kota provinsi Salahuddin, meskipun belakangan ini gerak maju tentara dan relawan itu terhambat oleh banyaknya bom yang ditanam ISIS di kota kelahiran diktator Irak terguling mendiang Saddam Hossein tersebut.

Berbagai sumber di Irak menyebutkan bahwa 90 persen wilayah Tikrit sudah jatuh ke tangan tentara dan relawan Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*