isis eksekusi2Arbil, LiputanIslam.com – Seorang petinggi partai di Irak Kamis (4/9) menyatakan bahwa kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Rabu lalu (3/9) telah mengeksekusi mati 70 orang dengan terjangan timah panas di kota Mosul. Menurut laporan kantor berita Anadolu Turki, keterangan Said Mamo dari Partai Demokrasi Kurdistan menyebutkan bahwa puluhan korban itu sebagian besar adalah orang Kurdi dan Turkmen yang ditangkap kawanan ISIS di berbagai kawasan di Irak.

“Menurut informasi yang kami dapat, sebagian besar korban yang dieksekusi mati itu adalah orang-orang Kurdi al-Shabak (kalangan Syiah Kurdi) dan Syiah Turkmen,” katanya.

Mamo menduga mereka dieksekusi sebagai bentuk balasan ISIS atas kekalahannya di kawasan sekitar Amirli, provinsi Salahudin.

“ISIS telah mengubur para korban di sebuah kuburan massa di sebuah area di kawasan permukiman al-Sumariya di kota Mosul,” lanjutnya.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari ISIS soal ini karena belakangan kelompok radikal sempalan al-Qaeda ini mulai lebih tertutup terhadap media.

Pasukan Irak yang didukung sejumlah besar relawan Irak Ahad lalu (31/8) berhasil membebaskan kota Amirli yang dihuni oleh belasan ribu warga Syiah Turkmen melalui sebuah operasi masif dan singkat yang menewaskan 80 anggota ISIS.

Dalam satu bulan terakhir ini pasukan Irak dan pasukan Kurdi, Peshmerga, serta milisi dan relawan Irak gencar berusaha membebaskan berbagai kawasan yang masih di kuasai ISIS di bagian utara dan barat Irak sejak 10 Juni lalu. Belakangan Amerika Serikat (AS) juga intensif melancarkan serangan terhadap posisi-posisi ISIS di Irak utara. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL