ISIS eksekusi penduduk saat menguasai Mosul, Irak.Arbil, LiputanIslam.com – Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dilaporkan telah mengeksekusi 50 warga Yazidi dengan tembakan di kawasan Tal Afar, 65 kilometer barat kota Mosul, Irak utara, Jumat (1/5). Selain itu, dilaporkan pula bahwa pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi menderita lumpuh akibat luka yang dideritanya.

“ISIS telah menghabisi para tawanan itu usai shalat Jumat setelah para tawanan itu menjadi beban bagi mereka akibat operasi serangan udara pasukan koalisi yang menyasar semua markas ISIS,” ungkap Hukar Aljaf, pejabat partai Persatuan Nasional Kurdistan Irak, sebagaimana dilansir al-Masdar.

Wakil Presiden Irak Usamah al-Nujaifi mengutuk kejahatan baru ISIS terhadap warga Yazidi tersebut.

“Kejahatan dan kebengisan ISIS telah melanggar semua batas dan dimensi nilai kemanusiaan,” tegasnya.

Sementara itu, reporter koran Guardian, Martin Chulov melaporkan bahwa pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghadi menderita lumpuh akibat luka yang dideritanya di bagian tulang punggung setelah terkena serangan udara pasukan koalisi.

Berdasarkan keterangan sumber-sumber yang didapat Guardian, al-Baghdadi masih belum dapat bergerak. Dia dirawat oleh dua orang dokter dan diobati di sebuah tempat tersembunyi di Mosul.

Luka itu sendiri diderita al-Baghdadi sejak lebih dari dua bulan silam akibat serangan udara koalisi di kawasan barat laut Irak, dan sejak itu sampai sekarang pria yang dinyatakan ISIS sebagai khalifah itu  tidak sanggup lagi memimpin organisasi yang sangat radikal dan berfahamkan Wahabisme ini.

Keterangan mengenai kondisi al-Baghdadi itu didapat dari tiga orang narasumber yang dekat dengan ISIS. Dia diperkirakan sudah tidak akan bisa lagi memimpin ISIS untuk selamanya, dan tugas kepemimpinan ISIS  sekarang dilimpahkan kepada Abu Alaa Afri yang diangkat sebagai wakil al-Baghdadi setelah wakil al-Baghdadi sebelumnya tewas terkena serangan udara tahun lalu. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL