wahabiWashington, LiputanIslam.com – Direktur ekskutif lembaga pemantau HAM Human Rights Watch (HRW) Kenneth Roth menilai faham Wahabisme dan standar ganda Barat sebagai sebab kemunculan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) maupun kelompok-kelompok teroris lainnya di Timur Tengah pada tahun 2014.

“Wahabisme Saudi…telah menjadi ideologi dasar yang memunculkan kelompok-kelompok seperti ISIS,” ujar Roth dalam wawancara dengan kantor berita Turki Anadolu, Kamis kemarin (29/1/2015).

Dia menambahkan, “ISIS telah memompa Wahabisme melampaui apa yang dikehendaki oleh Saudi, tapi bermain-main dengan ideologi berbahaya dan tidak berperan apapun untuk hak asasi manusia dalam praktik keagamaan.”

Lembaga yang berbasis di New York ini Kamis kemarin merilis laporan tentang kondisi HAM di dunia pada tahun 2014.
Roth mengecam keengganan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengomentari “rekam jejak petaka HAM” Saudi Arabia dalam kunjungannya ke Riyadh belum lama ini.

“Ketika pergi ke India dia berbicara cantik tentang hak asasi kaum perempuan, kebebasan beragama, dan penghormatan terhadap perbedaan etnis, tapi ketika pergi ke Arab Saudi dia tidak bicara apapun. Padahal, kaum perempuan di Arab Saudi benar-benar menjadi warga kelas dua,” ungkap Roth.

Dia menambahkan, “Ini jelas standar ganda….membuat rakyat Saudi berada dalam kesulitan.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*