jam tangan khalifah isisLondon, LiputanIslam.com – Jam tangan yang melingkar di lengan kanan sosok “khalifah” berjubah dan beserban hitam dalam rekaman video yang diunggah ke internet oleh ekstrimis Daulah Islam Irak dan Suriah (ISIS) mendapat perhatian dari Harian Sunday Telegraph. Harian terbitan Inggris ini mendeteksi jam tangan itu bukan sembarang aksesori, melainkan buatan Swiss seharga 6,000 Dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp,70 juta.

Sosok itu bercambang lebat dan panjang itu diklaim ISIS sebagai Abu Bakar al-Baghdadi, pemimpin ISIS yang pada tanggal 29 Juni 2014 dideklarasikan sebagai khalifah bagi seluruh umat Islam. Dalam rekaman video terlihat dia berpidato di atas mimbar. Menurut klaim ISIS, dia direkam saat berkhutbah Jumat di kota Mosul pada tanggal 4 Juni 2014.

Meski pemerintah Baghdad menyatakan sosok itu bukan Baghdadi yang menjadi buronan nomor wahid pemerintah Irak, namun banyak media menganggapnya Baghdadi sebagaimana diklaim ISIS. Klaim itu mengundang perhatian karena selama ini foto ataupun video Baghdadi tidak pernah muncul di media kecuali satu atau dua keping foto yang dilansir pemerintah Irak.

Terlepas dari siapakah sebenarnya sosok dalam rekaman video itu, jam tangan yang melingkar di tangan kanan sosok itu rupanya dilirik oleh Sunday Telegraph, menjadi berita dan kemudian juga mengundang perhatian banyak pengguna berbagai jejaring sosial. Harian ini memperkirakan jam tangan itu tidak lepas dari satu di antara tiga mereka terkenal, yaitu Rolex, Sekonda dan Omega Seamaster dengan harga 3,500 Pounsterling atau sekitar Rp,70 juta.

Seorang pengguna jejaring sosial Facebook dalam statusnya menuliskan, “Khalifah mengenakan jam tangan buatan Swiss. Pertanyaannya ialah apa merek jam tangan itu dan berapa harganya?” Kicauan senada juga oleh seorang pengguna Twitter. “Adakah yang tahu jam tangan mereka apa yang dipakai oleh khalifah?” tulisnya.

Media online Frontpagemag yang berbasis di AS memuat berita dengan judul “Khalifah Umat Islam ala ISIS Kenakan Jam Tangan Hasil Curian Seharga 6,000 Dolar AS.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL