داعش يسيطر على مناطق لمسيحيي الموصل وفرار الالاف منهمKirkuk, LiputanIslam.com –Sekitar 100 ribu warga Kristen berhamburan meninggalkan rumah-rumah mereka di beberapa kota kecil di wilayah otonomi Kurdistan Irak, menyusul serbuan kawanan teroris bersenjata Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan aksi mereka menduduki gereje-gereja Kristen, menghancurkan salib-salib dan membakar 1,500 manuskrip, hari ini Kamis (7/8), demikian dinyatakan Uskup Agung Chaldean di Kirkuk, Louis Saku, sebagaimana dilansir  Alarabiya.

“Sekira 100,000 warga Kristen mengungsi dengan hanya membawa pakaian yang mereka kenakan. Sebagian di antara mereka berjalan kaki menuju kota-kota Kurdi; Arbil, Dahuk dan Sulaimaniyah,” ujar pemimpin Kristen tertinggi di Irak itu sembari mengingatkan bahwa jiwa mereka terancam jika tidak segera mendapat pertolongan bahan makanan dan tempat berlindung.

Laporan lain dari berbagai media berbahasa Arab, termasuk Alalam, Alarab dan Alaan menyebutkan bahwa Pastur Dominican Yousif Toma juga mengabarkan peristiwa yang sama.

“Ini tragedi, kondisi sekarang sangat tragis, kami mendesak Dewan Keamanan supaya segera turun tangan. Puluhan ribu penduduk panik dan berlarian menyelamat diri. Saat kami bicara ini keadaan di sana tak terlukiskan lagi,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Kota-kota Taklif, Bartella, Karemlesh, dan Qara Qosh sudah bersih dari warganya yang beragama Kristen. Para pengungsi ada yang berjalan dan ada yang berkendaraan menuju pos pemeriksaan di Arbil untuk memasuki kota ini.”

Dia menegaskan lagi, “Kota-kotaa itu sekarang sudah jatuh ke tangan kawanan bersenjata dan kosong dari penduduk asilnya. Sebagian di antara mereka bergerak berjalan kaki menuju Arbil.”

Dia juga menyebutkan bahwa sudah ada korban tewas sebanyak empat orang.

“Sekarang sudah ada empat korban jiwa sebanyak empat orang, satu ibu, dua anak kecil, dan petugas keamanan, akibat serangan peluru artileri,” kata Toma. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL