ed husain ttg saudiLondon, LiputanIslam.com – Pakar Timur Tengah dari Amerika Serikat (AS) Ed Husain menilai kekentalan faham Salafi/Wahabi dalam sistem politik Arab Saudi yang telah membantu terbentuknya kelompok brutal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS/ISIL) telah menjadi faktor problematika Timur Tengah.

“Struktur politik Arab Saudi selalu terlibat persaingan kekuasaan, dan di saat rajanya berada di puncak kekuasaan berbagai kelompok bangsawan kerajaan satu sama lain bersaing memegang kekuasaan. Sedangkan raja Arab Saudi sendiri dalam banyak hal terpengaruh oleh institusi-institusi keagamaan Saudi di mana Salafi/Wahabisme adalah bagian darinya,” ujar anggota senior Dewan Hubungan Luar Negeri di New York untuk studi Timur Tengah itu dalam wawancara dengan France 24 Rabu (4/9).

Ed Husain yang juga menjabat penasehat senior pada Tony Blair Faith Fondation menambahkan bahwa  aliran Wahabisme di Arab Saudi mengendalikan lembaga-lembaga seperti kepolisian dan bidang-bidang keuangan serta eksistensi politik di berbagai negara dan lembaga internasional melalui semua kedutaan besar negara ini.

Mengenai kepasifan dan rendahnya minat Saudi dalam perang melawan terorisme, dia menyebutkan soal kekentalan faham Wahabisme dalam sistem kerajaan dan struktur politik Saudi.

“Karena itu, berhenti berjalan selangkah dengan Wahabisme merupakan suatu keharusan dan akan menguntungkan Riyadh, sebab jika tidak maka kita tetap akan menyaksikan terbentuknya lagi kelompok-kelompok teroris seperti al-Qaeda dan ISIS,” katanya.

Ed Husain menegaskan bahwa racun Wahabisme harus dikeluarkan dari jantung institusi-institusi politik Arab Saudi.

“Jika dunia, khususnya Dunia Islam, tidak melakukan tekanan terhadap dinasti al-Saud maka racun ini akan tetap ada di dalamnya,” paparnya.

Menurutnya, Saudi berperan di balik terbentuk problematika ISIS dan karena itu pihak yang paling berkewajiban melawan kelompok radikal ini adalah rezim Riyadh sendiri. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL