تدمير رتل من 200 عجلة لداعش في طريقه الى سامراء+فيديوBaghdad, LiputanIslam.com – Sedikitnya 170 teroris anggota organisasi takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas, 100 di antaranya di provinsi Diyala dalam peristiwa pembebasan belasan desa Senin kemarin (29/9).

Sebagaimana diberitakan al-Sumaria, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Irak mengumumkan bahwa lebih dari 100 teroris tewas, 25 kendaraan mereka hancur, 50 bom telah dijinakkan dan sebanyak 16 desa di provinsi Diyala berhasil dibebaskan oleh tentara Irak yang dibantu pasukan relawan sehingga 125 keluarga yang mengungsi akibat serangan teroris dapat kembali ke rumah masing-masing.

Sebelumnya, pimpinan pasukan relawan kelompok Sadr, Hakim al-Zamili, menyatakan bahwa gubernur (wali) ISIS untuk provinsi Diyala yang memiliki julukan Abu Bakar al-Sishani tewas dan empat orang anggota ISIS lainnya di tangkap di provinsi yang sama.

Laporan lain dari sumber militer Irak menyebutkan bahwa di hari yang sama sedikitnya 70 teroris ISIS tewas, 29 unit kendaraan perang mereka hancur, dan lima markas mereka luluh lantak digempur pasukan keamanan Irak yang didukung serangan udara dan dibantu pasukan relawan di kawasan al-Farisiah dan Jurf al-Sakhar di utara kota Hillah, provinsi Babil.

Sumber itu mengatakan bahwa operasi serangan terhadap pasukan ISIS di dua lokasi itu dilancarkan setelah pasukan keamanan Irak mendapatkan informasi intelijen mengenai kawanan teroris tersebut.

Di bagian lain, Kepolisian Provinsi Babil meringkus sekelompok kawanan teroris yang membidangi aksi penculikan di kawasan Jabalah di utara Hillah. Mereka ditangkap setelah dipantau sejak beberapa waktu sebelumnya karena menunjukkan gelagat mencurigakan.

Bersamaan dengan ini, kepala Muktamar Sahwah al-Iraq, Wisam al-Hirdan, dalam jumpa pers mengatakan pasukan al-Sahwah di sebuah lokasi dekat kota Fallujah berhasil membunuh sejumlah teroris, termasuk pria bernama Abdul Ilah al-Sumaida’i yang merupakan wali ISIS untuk kawasan utara. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL