tentara dan pasukan rakyat irakBaghdad, LiputanIslam.com – Militer Irak menyatakan pihaknya berhasil menghabisi satu lagi petinggi kelompok teroris Daulah Islam Irak dan Suriah (ISIS) bernama Abu Shaker al-Suri bersama sejumlah anak buahnya. Selain itu, polisi Irak di provinsi Diyala juga berhasil membunuh 50 anggota ISIS dan menghancurkan 15 kendaraan mereka dalam sebuah operasi pembersihan ladang gas Hamrain dari teroris. Sedangkan di Mosul pasukan Irak membunuh 21 anggota kelompok ekstrimis tersebut.

“Pasukan Irak berhasil membunuh satu pemimpin ISIS Abu Shaker al-Suri dan 11 anak buahnya dalam sebuah operasi penyergapan di kota Tikrit, provinsi Salahuddin, berkat adanya informasi akurat dari intelijen,” ungkap sebuah sumber keamanan Irak, sebagaimana dilansir kantor berita resmi Irak, INA, Senin (28/7).

Di bagian lain, Kepolisian Provinsi Diyala, Irak, menyatakan sebanyak 50 anggota ISIS tewas dan 15 kendaraan mereka hancur tersapu operasi pembersihan ladang gas Hamrain di Desa Hamrain.

“Didukung beberapa helikopter militer, pasukan keamanan berhasil membebaskan ladang gas Hamrain di Desa Hamrain, 70 kilometer timur laut Baquba, serta membunuh 50 kawanan teroris bersenjata ISIS,” ujar Kepala Kepolisian Provinsi Diyala, Mayjen Jamil al-Shammari.

Selain itu, sebanyak 21 anggota ISIS juga tewas di Mosul ketika berusaha menyerang sebuah pabrik farmasi. Mereka dihantam serangan udara Irak di kawasan sekitar pabrik setelah dua terlibat kontak senjata dengan pasukan Irak yang bertahan di dalam pabrik. Serangan udara itu membuat mereka terpaksa meninggalkan lokasi dan kabur ke desa-desa sekitar, sedang pasukan udara Irak terus menggempur beberapa posisi ISIS lainnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL